SUARA INDONESIA

Lovepink Gelar 1000 USG Deteksi Kanker Payudara Gratis, Bupati Jember: Kegiatan yang Istimewa

Wilda Natasya - 16 October 2021 | 17:10
Peristiwa Daerah Lovepink Gelar 1000 USG Deteksi Kanker Payudara Gratis, Bupati Jember: Kegiatan yang Istimewa

JEMBER- Dalam rangka memperingati bulan peduli kanker payudara sedunia, komunitas Lovepink menggelar kegiatan gerakan seribu USG gratis bagi perempuan prasejahtera yang ada diberbagai wilayah di Indonesia.

Salah satunya dilaksanakan di Rumah Sakit Baladhika Husada (RS DKT) Jember, Sabtu (16/10/2021).

Koordinator Wilayah Lovepink Jember Prana menjelaskan hingga saat ini, akses untuk mendapatakan USG demi keperluan deteksi dini, masih belum bisa dinikmati oleh sebagian besar masyarakat karena terkendala pada biaya dan tidak tercover oleh BPJS.

“Pada kenyataannya akses untuk mendapatkan USG dengan keperluan deteksi dini masih belum bisa dinikmati oleh semua orang dan juga tidak tercover oleh BPJS,” jelasnya.

Padahal menurutnya, semakin banyak perempuan yang mendapatkan deteksi dini maka akan mampu meminimalisir resiko dan mengurangi angka kematian akibat kanker payudara stadium lanjut.

Dirinya menambahkan, kegiatan tersebut telah berjalan selama empat hari dan menemukan beberapa pasien yang terindikasi positif mengidap kanker payudara.

Selanjutnya, Lovepink akan memberikan pendampingan bagi pasien untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis hingga pelaksanaan operasi.

“Dari hari pertama sampai sekarang kami temukan ada yang dinyatakan positif kanker. Kami dampingi untuk konsultasi secara langsung ke dokter spesialis dan satu diantaranya sudah dijadwalkan untuk operasi hari ini,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Jember Hendy Siswanto mengaku sangat mengapresiasi kegiatan sosial yang dilakukan oleh komunitas Lovepink.

Menurutnya hal tersebut merupakan tindakan yang sangat istimewa dan harus dikembangkan secara luas.

“Saya sangat mengapresiasi, ini kegiatan yang luar biasa istimewa dan top. Lovepink harus bisa dikembangkan seluas-luasnya nanti,” ungkapnya.

Hendy menilai, edukasi dan deteksi dini mengenai kanker payudara merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Karena hingga saat ini tidak banyak masyarakat yang memahami bagaimana upaya tepat untuk mencegah terjadinya kanker payudara.

“Deteksi dini ini sangat penting untuk dilakukan, tidak banyak masyarakat kita yang tau upaya dan pentingnya mencegah kanker payudara,” tutupnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Kepala RS DKT Jember Letkol CKM Mahyudi, pihaknya bersedia untuk memberikan dukungan berupa tempat, waktu dan tenaga secara penuh dalam kegiatan tersebut.

“Ini juga bertepatan dengan HUT Kesehatan Angkatan Darat (AD), jadi kami ingin ikut berpartipasi membantu masyarakat dalam hal ini,” tandasnya.

Pewarta : Wilda Natasya
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV