SUARA INDONESIA

ASTON Banyuwangi Gelar Simulasi Kebakaran, Tamu Hotel hingga Damkar Ikut dalam Skenario

Muhammad Nurul Yaqin - 29 October 2021 | 17:10
Peristiwa Daerah ASTON Banyuwangi Gelar Simulasi Kebakaran, Tamu Hotel hingga Damkar Ikut dalam Skenario

BANYUWANGI- Hotel ASTON Banyuwangi kebakaran, Jumat (29/10/2021). Asap terlihat mengepul dari salah satu kamar hotel. Sirine tanda bahaya pun dibunyikan. 

Seluruh penghuni hotel dan karyawan dievakuasi ke luar gedung melalui tangga darurat untuk diselamatkan.

Foto: Titik kumpul evakuasi para tamu dan karyawan Hotel ASTON Banyuwangi.

Namun, kebakaran tersebut hanya sebuah simulasi yang dilakukan Hotel ASTON Banyuwangi bekerjasama dengan Pemadam Kebakaran (Damkar) setempat.

Kegiatan itu dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapan Hotel ASTON Banyuwangi dalam menghadapi kebakaran jika suatu saat terjadi.

Dalam simulasi, terlihat asap mengepul dari salah satu kamar hotel nomor 301, lantai tiga. Seorang penghuni kamar yang berada di dalamnya teriak minta tolong.

Foto: Petugas pemadam kebakaran melakukan pemadaman api di salah satu kamar hotel.

Pihak hotel kemudian menghubungi Damkar. Selang beberapa menit, mobil Damkar pun datang ke lokasi untuk memadamkan api dan petugas berusaha menyelamatkan korban yang terjebak.

Penghuni kamar yang terjebak dievakuasi petugas gabungan dengan tangga Damkar. Korban kemudian berhasil diselamatkan. Ia dibopong dan dibawa ke titik evakuasi bersama yang lainnya.

Foto: Penyelamatan penghuni hotel yang terjebak kebakaran.

General Manager ASTON Banyuwangi Hotel & Conference Center, Catur Rahmadi mengatakan, kegiatan simulasi ini rutin dilakukan setiap tahunnya.

Semua karyawan dilibatkan. Bertujuan agar mereka tidak kaget jika suatu saat menghadapi situasi tersebut. 

"Dimana kita secara internal punya tim kebakaran. Jadi kita melatih tim kebakaran itu dan juga melatih kesigapan semua staf kita dalam menghadapi baik kebakaran maupun gempa bumi, misalnya," terang Catur. 

Selain itu, lanjut Catur, sebagai hotel berbintang dan salah satu standar perusahaan, diperlukan adanya emergency response team dalam menangani bencana kebakaran.

"Dengan adanya simulasi ini, kami memastikan keselamatan tamu dan juga menyediakan lingkungan kerja yang aman bagi para karyawan," tandasnya. (*)

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV