SUARA INDONESIA

Meski Tak Dihadiri Bupati Jember, Masjid Al-Umary Diresmikan Langsung oleh Tokoh NU

Imam Hairon - 07 November 2021 | 15:11
Peristiwa Daerah Meski Tak Dihadiri Bupati Jember, Masjid Al-Umary Diresmikan Langsung oleh Tokoh NU

JEMBER - Meski Bupati Jember, H.Hendy tidak bisa menghadiri langsung meresmikan dan menandatangani prasasti yang sudah disiapkan oleh panitia Masjid Al-Umary di Pondok Pesantren Maqna'ul Ulum, namun, peresmian dilakukan langsung oleh ulama besar KH.Misbah Pengasuh Ponpes Raudlatul Ulum.

"Alhamdulillah meski bukan Bupati Jember, masjid Al-Umary dihadiri dan diresmikan langsung oleh Kyai Misbah Sumberwringin," ungkap Moh.Yoto salah seorang santri senior dalam keterangannya, Minggu (07/11/2021).

Menurut Yoto, masjid megah yang didirikan pertama oleh pengasuh KH.Nahrawi berukuran 12 x12 meter itu, dibangun sejak 1962 silam.

Sehingga, penamaan masjid tersebut mengingatkan kepada sejarah Kiai NU (Nahdlatul Ulama) yang memiliki pengaruh di Kabupaten Jember.

"Sebelum masjid tersebut dibangun, penentuan letak masjid tersebut yang mengukur adalah KH.Umar pengasuh pertama Pondok Pesantren Raudlatul Ulum yang disaksikan oleh Kiai Misra'i Pengasuh Ponpes Raudlatul Ulum 02 ayahanda penceramah kondang KH Syaiful Barri," imbuh Yoto.

Sementara untuk prasasti marmer yang dipesan sesuai standart Pemkab Jember dengan tertulis nama H.Hendy Siswanto, dibuat kosong dan tidak dibubuhi tandatangan.

"Yang dari Kesra kita suruh tandatangan tapi tidak mau. Katanya disuruh antar ke pendopo untuk ditandangani. Ini, kami jadi berpikir ulang," tegas Yoto.

Kendati begitu, Yoto sudah merasa lega, karena yang meresmikan adalah seorang tokoh ulama besar.

Yoto berharap, kejadian itu bisa menjadi pelajaran dan hikmah bagi semua, untuk bisa menghargai arti perjuangan seorang ulama.

"Masjid dan Pondok Pesantren ini adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Kami ucapkan terima kasih kepada panitia yang sudah berjuang. Semoga, bisa menjadi amal kebaikan," pungkasnya.

"Dengan mengucapkan Rabbana taqobbal minna innaka anta sami'ul 'alim, Kiai Misbah Umar meletakkan batu pertama," ungkap isi durasi rekaman video panitia saat meresmikan.


Pewarta : Imam Hairon
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV