SUARA INDONESIA

Bersama Sejumlah Stakeholder, Bupati Banyuwangi Salurkan Puluhan Bantuan Kaki Palsu

Muhammad Nurul Yaqin - 11 November 2021 | 19:11 - Dibaca 1.36k kali
Peristiwa Daerah Bersama Sejumlah Stakeholder, Bupati Banyuwangi Salurkan Puluhan Bantuan Kaki Palsu
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani didampingi stakeholder memasangkan bantuan kaki palsu pada penyandang disabilitas, Kamis (11/11/2021). (Istimewa).

BANYUWANGI- Puluhan disabilitas tuna daksa di Banyuwangi tersenyum bahagia saat menerima bantuan kaki palsu gratis di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Kamis (11/11/2021).

Sebanyak 24 kaki palsu disalurkan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani kepada disabilitas tuna daksa, berkolaborasi dengan PT Angkasa Pura (AP) II dan Yayasan Kick Andy.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Senior General Manager of Community Development AP II, Amirzal; pimpinan Yayasan Kick Andy, Ali Sadikin; dan Executive General Manager PT AP II Bandara Banyuwangi, Cin Asmoro.

Bupati Ipuk mengapresiasi aksi kolaborasi kemanusiaan ini. "Kami ucapkan terima kasih kepada PT AP II dan Yayasan Kick Andy yang telah peduli kepada masyarakat Banyuwangi. Bantuan ini kian melengkapi berbagai program bantuan yang telah kami siapkan untuk disabilitas,” kata Ipuk.

Bupati Ipuk juga mensupport para penyandang disabilitas untuk tetap semangat dalam menjalani kehidupan.

“Semoga bantuan ini menjadi penyemangat baru bagi teman-teman disabilitas untuk lebih produktif lagi,” ucap Ipuk.

Senior General Manager of Community Development AP II Amirzal mengatakan, penyerahan kaki palsu ini merupakan program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) AP II.

“Hari ini ada 24 kaki palsu yang kita berikan kepada penyandang disabilitas di Banyuwangi,” kata Amirzal.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa membantu para penyandang disabilitas agar lebih mandiri, bisa bersosialisasi dan beraktivitas lebih mudah lagi,” imbuh Amirzal.

Ketua Harian Yayasan Kick Andy, Ali Sadikin, mengatakan tujuan utama program ini adalah agar para penyandang disabilitas lebih produktif dan mandiri.

“Makanya tidak semua yang mengajukan bisa kita setujui. Kami dan AP II punya persyaratan-persyaratan, juga ada survey, sehingga yang menerima benar-benar orang yang tepat. Misalnya, pedagang UMKM yang kehilangan kakinya karena kecelakaan. Setelah mendapatkan kaki palsu, harapannya bisa kembali bekerja dan produktif,” ujar Ali.

Sementara itu, Ipuk menambahkan, Banyuwangi telah melakukan banyak program untuk penyandang disabilitas. Mulai program pemberdayaan seperti pelatihan dan bantuan alat usaha, hingga beasiswa pendidikan.

“Selain itu, ruang-ruang publik kami juga secara bertahap semuanya harus ramah untuk para penyandang disabilitas. Misalnya, di ruang terbuka hijau kami sediakan tangga ber-handle untuk tuna netra. Juga di beberapa tempat kita pasang pelican crossing untuk memudahkan saat menyeberang jalan,” pungkasnya.

Program ini disambut gembira para disabilitas Banyuwangi. Salah satunya, Suyati. Wanita yang kehilangan salah satu kakinya akibat kecelakaan 11 tahun lalu itu sangat gembira saat menerima kaki palsu.

“Alhamdulillah, bisa jualan nasi goreng lagi. Enggak perlu pakai tongkat, sekarang bisa lebih leluasa bergerak,” ujarnya.

Hal yang serupa juga diungkapkan Sugiarto, remaja 18 tahun. “Senang sekali sekarang kalau sekolah lebih nyaman. Enggak usah pakai tongkat,” kata dia. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya