SUARA INDONESIA

Salurkan Bantuan, Bupati Keerom Temui Pedagang di Pasar Pingir Jalan

Mustakim Ali - 23 November 2021 | 06:11
Peristiwa Daerah Salurkan Bantuan, Bupati Keerom Temui Pedagang di Pasar Pingir Jalan

KEEROM - Pemimpin dengan memiliki jiwa sosial yang tinggi dan pro kepada rakyat akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap daerah. Apalagi pendekatan yang dilakukan bukan semata-mata lewat program melainkan bertemu langsung dengan masyarakat di lapangan.

Sosok ini sangat melekat kepada Bupati Kabupaten Keerom, Piter Gusbager yang selalu memberikan kejutan-kejutan istimewa bagi masyarakatnya.

Dimana hal ini terjadi pada ratusan pedagang kaki lima yang ada di sepanjang jalan Yamara, Suskun, Wambes dan Wonorejo yang mengaku kaget atas kedatangan bupati beserta rombongan untuk menyalurkan bantuan pemberdayaan pada, Senin (22/11/2021).

Para pedagang UMKM yang merupakan mama-mama Papua sebagai penjual pinang, sayur-sayuran, buah-buahan, dan yang lainnya menerima bantuan stimulan sebesar Rp. 2,5 juta dengan dua bentuk penyaluran. Untuk Rp. 2 juta disalurkan secara tunai sementara sisanya sebesar Rp. 500 ratus ribu disalurkan melalui buku tabungan milik para pedagang, dengan harapan masyarakat bisa membiasakan diri untuk menabung hasil jualan.

Dalam kesempatannya Bupati Keerom, Piter Gusbager menyampaikan bahwa diharapkan bantuan yang disalurkan ini bisa mengembangkan usaha atau barang dagangan mama-mama Papua.

‘’Bantuan UMKM ini adalah untuk mama-mama bisa menambah modal usaha, dan juga meningkatkan ekonomi keluarga serta menggerakkan ekonomi lokal dan daerah,’’ ujarnya.

Bupati pengusaha tema perubahan di negeri tapal batas ini mengakui bahwa, penyaluran bantuan yang secara langsung dirinya bersama rombongan datang di lokasi pasar bukan tanpa tujuan dan alasan. Selain ingin lebih dekat dengan masyarakat, dirinya juga ingin tahu persoalan atau kendala yang terjadi di para pedagang.

‘’Kita ingin pastikan mereka yang menerima bantuan ini diharapkan memang betul-betul membutuhkan atau berhark, sekaligus juga saya bisa mendapatkan masukan atau aspirasi langsung dari masyarakat,’’ ujar Bupati.

Dalam momen penyaluran bantuan tersebut, Ketua TP-PKK Keerom, Ny. Angela T.H. Frank Gusbager yang hadir dampingi bupati turut mengambil bagian dengan memberikan sosialisasi kepada para pedagang lebih khususnya kaum ibu untuk mengingatkan betapa pentingnya kesehatan keluarga, anak-anak, reproduksi dan yang lainnya.

Sementara itu anggota DPRD Keerom, Leonardus Abaar mengemukakan bahwa program pemberian bantuan UMKM kali ini adalah benar-benar program dari seorang pemimpin yang pro rakyat.

‘’Saya rasa inilah program yang pro kepada rakyat dan tepat sasaran. Karena pedagang yang ada di Mannem ini merupakan pengusaha kecil yang sangat memerlukan bantuan dan perhatian pemerintah," bebernya.

Sebagai anggota DPRD Keerom yang berasal dari daerah atau dapil  penyaluran bantuan ini, Leonardus Abaar memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas pola penyaluran bantuan yang dilakukan oleh Bupati Keerom, Piter Gusbager.

"Saya yakin, rakyatpun memiliki perasaan yang sama, terimakasih untuk bapak bupati dan ibu, ini program yang luar biasa baik,’’tegasnya.

Leonardus juga mengakui bahwa baru kali ini di Keerom, penyaluran bantuan Bupati sendiri yang turun langsung menemui para UMKM yang ada di lapak-lapak.

‘’Anda bisa lihat sendiri, betapa antusias pedagang ini, bukan semata menerima dana bantuan, tapi ada kerinduan mereka untuk bisa bertemu dan bertatap muka dengan pemimpinnya, ini jelas bisa kita lihat, mereka terharu atas kedatangan pemimpin mereka," tuturnya.

Dikesempatan yang sama Kadis Perindagkop Keerom, Andi Rahman Nonsy menyampaikan bahwa program UMKM tahun ini sudah beberapa kali diserahkan dan merupakan program lanjutan dari visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Keerom periode 2021-2024.

‘’Sebelumnya telah dilaksanakan penyerahan bantuan UMKM juga di Pasar Aividjan, Skanto bahkan Senggi, dan kali ini UMKM yang sebagian besar adalah mama-mama pedagang pinang, noken, sayur dan buah bahkan gorengan di seputaran Distrik Mannem yang menerimanya. Kita langsung mendata di lapak-lapak mereka dan mereka menunjukkan KTP-nya, karena bantuan ini berbasis by NIK by address,’’ ungkapnya.

Setelah itu bupati beserta rombongan bertolak ke kampung Wonorejo sekali menyalurkan bantuan berupa paket sembako.

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV