SUARA INDONESIA

Bentuk Pengabdian, LPDP Lakukan Proyek Sosial Pengembangan Ekonomi Desa Wisata Kemiri 

Wildan Mukhlishah Sy - 28 November 2021 | 21:11 - Dibaca 3.64k kali
Peristiwa Daerah Bentuk Pengabdian, LPDP Lakukan Proyek Sosial Pengembangan Ekonomi Desa Wisata Kemiri 
Penyerahan Cendera Mata Proyek Sosial Pengembangan Ekonomi Desa Wisata Kemiri oleh Ketua Panitia Ida Ayu Bika Kepada Pemerintah Desa Kemiri (Foto: Wildan Suara Indonesia)

JEMBER-Persiapan Keberangkatan (PK) 174 Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mengadakan acara proyek sosial Pengembangan Ekonomi Desa Wisata Kemiri, di Desa Kemiri, Kecamatan Panti Kabupaten Jember, Minggu (28/11/2021). 

Kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk pengabdian LPDP pada negara dengan pengembangan potensi pedesaan maupun daerah-daerah terpencil. 

Ketua panitia Ida Ayu Bika menjelaskan, terdapat tiga program kegiatan yang nantinya akan digarap bersama dengan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) serta warga Desa Kemiri. 

Program pertama ialah pengembangan spot wisata dengan menambah beberapa tempat selfie serta pembuatan gapura. 

Kedua sesuai dengan tema dari PK 174, yakni literasi, mereka akan membangun taman baca di Desa Kemiri. Terakhir mereka juga mengadakan seminar tentang digital marketing yang nantinya akan membantu masyarakat mengembangkan secara mandiri potensi wisata yang sudah ada. 

"Hari ini program kita ada tiga. Pertama pengembangan spot wisata, di dalamnya ada pengadaan spot selfie serta pembangunan gapura. Yang kedua adalah pengembangan taman baca di Desa Kemiri, karena tema PK 174 kali ini adalah literasi. Yang ketiga pengembangan potensi digital marketing," jelas Bika. 

Dirinya menambahkan akan ada buku petunjuk yang diberikan kepada desa sebagai panduan untuk mengembangkan potensi-potensi lain di Desa Kemiri, sehingga pengembangan desa terus berlanjut meski program kolaborasi antara PK 174 dan Pokdarwis yang kemungkinan berakhir pada bulan September 2022. 

"Untuk ke depan kita ada dukomen yang akan kita bagikan dengan teman-teman Pokdarwis yang bisa digunakan sebagai road map kedepannya," paparnya. 

Bika juga mengungkapkan bahwa pemilihan Desa Kemiri sebagai tempat pelaksanaan kegiatan, karena adanya semangat perjuangan dari masyarakat di dalamnya yang membuat Desa Wisata tersebut berkembang sangat cepat. 

"Jadi waktu itu kita berpikir karena potensinya besar, juga berkembang dengan sangat cepat. Hal-hal yang penting adalah kalau desa itu berkembang dengan cepat berarti ada peran orang-orang di dalamnya yang aktif, itu satu hal yang kita rasa sangat penting," ungkapnya. 

Selain itu, dia menilai, lokasi yang mereka pilih masih mudah untuk diakses, sehingga nantinya mereka bisa memberikan kontribusi penuh pada pengembangan Desa Wisata Kemiri. 

Di lain pihak, Kepala Desa Kemiri Baidawi merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan yang dilakukan PK 174 di desanya. 

Kades berharap langkah tersebut menjadikan Desa Wisata Kemiri semakin berkembang dan dikenal banyak pihak dan layak untuk dikunjungi. 

"Harapannya, wisata kita menjadi lebih berkembang di masyarakat dan layak dikunjungi," ucapnya. 

Pada kesempatan yang sama, Sekertaris Kecamatan Panti Umar Faruq mengaku sangat mendukung program yang dilakukan oleh LPDP di Desa Kemiri.

Menurutnya hal tersebut sesuai dengan visi dan misi Bupati Jember Hendy Siswanto, yakni melakukan sinergi, kolaborasi dan akselerasi dalam pengembangan potensi pariwisata dengan mengedepankan kearifan lokal serta pelestarian budaya.

"Kami dari Kecamatan Panti tentunya sangat mendukung proyek sosial ini. Saya rasa ini sesuai dengan visi misi bapak Bupati Jember dalam pengembangan potensi wisata," ujarnya.

Pihaknya juga siap untuk mewadahi dan mendampingi setiap desa, untuk menggali potensi wisata yang dimiliki.

"Insyaallah kedepannya kami siap untuk bersinergi dengan desa dan masyarakat dalam hal ini," tandasnya.

Diketahui kegiatan tersebut diikuti oleh masyarakat, pemerintah desa dan kecamatan yang hadir. Begitu pula dari pihak LPDP PK 174 dengan 22 orang mengikuti acar di tempat dan 174 lainnya melalui zoom meeting. (Ree/Wil)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV