SUARA INDONESIA

Pusat Data Cyber Terbakar, Akses Layanan 112 di Surabaya Putus Koneksi, Begini Respon Pemkot

Lukman Hadi - 03 December 2021 | 00:12
Peristiwa Daerah Pusat Data Cyber Terbakar, Akses Layanan 112 di Surabaya Putus Koneksi, Begini Respon Pemkot

SURABAYAPemkot Surabaya untuk sementara waktu mengalihkan layanan Command Center (CC) 112.

Hal itu diputuskan Pemkot Surabaya karena insiden kebakaran yang terjadi di Gedung Pusat Data Cyber 1 di Jakarta Selatan, Kamis (2/12/2021).

Insiden ini berdampak pada terputusnya layanan Command Center (CC) di seluruh Indonesia. Sehingga mengakibatkan terganggunya traffic internet.

Baca Juga: Upaya Pemkot Surabaya Wujudkan Aktivitas Olahraga Air di Kawasan Terintegrasi

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya, M Fikser mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan estimasi waktu kapan layanan kembali pulih.

"Akibatnya untuk layanan 112 se-Indonesia termasuk di Kota Surabaya tidak terkoneksi. Kita masih menunggu informasi dari pihak penyedia kapan layanan akan kembali normal," kata Fikser dalam rilisnya.

Sebagai gantinya, pemkot telah menyiapkan langkah-langkah mitigasi untuk tetap memberikan layanan 112. Dengan begitu, masyarakat masih bisa mendapat pelayanan.


"Untuk saat ini kita alihkan sementara layanan 112 ke beberapa kanal media sosial milik pemkot dan nomor telepon Posko Command Center," ujarnya.

Baca Juga: Revitalisasi Kawasan Tunjungan, Legislator PDIP: Berdayakan UMKM dan Warga Setempat

Ia memastikan, bahwa masyarakat yang membutuhkan layanan kedaruratan, dapat memanfaatkan beberapa kanal media sosial milik pemkot serta nomor telepon Posko Command Center.

"Silakan masyarakat dapat memanfaatkan beberapa layanan yang kami sediakan. Petugas operator di Posko Command Center juga bersiaga 24 jam," jelasnya.

Berikut layanan yang dapat diakses masyarakat mulai dari aplikasi WargaKu. Lalu, media sosial instagram di alamat @call112surabaya, @sapawargasby dan @banggasurabaya. Kemudian, layanan melalui Posko Command Center di nomor telepon 031-5454922 atau 031-99242201. (*)

Baca Juga: Bonek Tuntut PSSI Lakukan Revolusi Sepak Bola Indonesia

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV