SUARA INDONESIA

Peduli Bencana Gunung Semeru, Pemkot Kediri Kirim Tim BPBD dan Bantuan

Imam Hairon - 05 December 2021 | 21:12 - Dibaca 2.10k kali
Peristiwa Daerah Peduli Bencana Gunung Semeru, Pemkot Kediri Kirim Tim BPBD dan Bantuan
Tesk Foto : Personel BPBD dan bantuan untuk warga yang terdampak bencana letusan Gunung Semeru sebelum berangkat menuju Pos bersama di Lumajang, Minggu (5/12/2021).

KEDIRI KOTA-Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri, Jawa Timur, segera merespon cepat bencana letusan Gunung Semeru dengan mengirimkan personel BPBD dan bantuan untuk warga yang terdampak.

"Kota Kediri pernah mengalami dampak bencana serupa, yaitu letusan Gunung Kelud. Semoga bantuan dan tim yang kami kirim bisa membantu saudara-saudara yang terdampak bencana letusan Semeru," ujar Mas Abu sapaan akrab Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar.

Pihaknya juga mengapresiasi gerak cepat beberapa lembaga amal dan komunitas yang mengirim bantuan untuk warga yang terdampak bencana.  

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Kediri Indun Munawaroh mengungkapkan terdapat lima personel BPBD serta delapan orang dari relawan Pekat Kediri yang dikirim untuk membantu tanggap bencana letusan Gunung Semeru.

Selain itu, BPBD Kota Kediri juga mengirimkan perbekalan yang akan diberikan kepada warga terdampak bencana yakni 100 lembar terpal, 100 lembar selimut dan 30 lembar matras. 

"Untuk bahan makanan belum didistribusikan. Rencana Kamis, kami akan geser ke lokasi lagi. Kami juga kumpulkan donasi dari warga. Menurut informasi teman-teman di lapangan, yang dibutuhkan makanan siap saji, selimut, terpal, beberapa kebutuhan untuk bayi seperti pampers, susu, dan pakaian dalam untuk wanita," kata Indun Munawaroh sebelum berangkat ke Lumajang, Minggu (5/12/2021).

Dirinya menambahkan, untuk donasi bisa dikirimkan ke kantor BPBD Kota Kediri dan selanjutnya akan dikirimkan kepada warga terdampak bencana akibat letusan awan panas Gunung Semeru tersebut. 

Sesuai dengan rencana, tim akan ke lokasi bencana untuk sepekan mendatang. Namun, jika korban yang sebelumnya dinyatakan hilang sudah ditemukan dalam waktu dua atau tiga hari, tim juga bisa bergeser.

"Tergantung proses pencarian dan evakuasi. Nanti koordinasi dengan Basarnas di posko lapangan," ungkapnya.  

Pada kesempatan yang sama Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana Kota Kediri Joko Suprayitno mengatakan dirinya dengan relawan lainnya mendapatkan tugas untuk siaga di pos bersama. 

"Kami mendapatkan tugas di pos bersama untuk distribusi bantuan termasuk jika dibutuhkan untuk evakuasi juga. Kami juga membawa satu ambulans, jadi nanti bisa difungsikan. Saat ini, seluruh rombongan sudah sampai di Lumajang. Setelah istirahat, mereka segera bergabung dengan tim lainnya membantu penanganan bencana," kata pria yang akrab disapa Aji ini. (Wahyudi)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Imam Hairon
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya