SUARA INDONESIA

Basarnas Ternate Hentikan Pencarian Nelayan di Sula yang Hilang

Imam Hairon - 06 December 2021 | 12:12 - Dibaca 956 kali
Peristiwa Daerah Basarnas Ternate Hentikan Pencarian Nelayan di Sula yang Hilang
Tim Basarnas Ternate yang sedanh melakukan pencarian nelayan. Foto: suaraindonesia

TERNATE - Pencarian terhadap Nelayan yang hilang di perairan desa Waiboga, Kepulauan Sula, Maluku Utara resmi dihentikan oleh Basarnas Ternate.

Operasi ini dihentikan sejak Minggu (5/12/2021), setelah Tim Basarnas dan keluarga melakukan pencarian terhadap korban Ardin Umasugi, Warga Desa Fogi, Sanana yang jatuh di laut saat sedang memancing. 

Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Ternate Muhamad Arafah mengatakan, pencarian terhadap korban telah dilakukan sesuai SOP Basarnas yaitu selama 7 hari dimana team rescue bersama potensi dan keluarga korban telah berupaya semaksimal mungkin melakukan pencarian terhadap korban.

"Namun dari hari pertama hingga hari ke tujuh korban belum dapat di temukan sehingga operasi sar pun di tutup dan korban dinyatakan hilang," jelas Arafah, Senin (6/12/2021).

Arafah menambahkan, walaupun operasi SAR telah di tutup namun Basarnas tetap melakukan pemantauan.Apabila sewaktu-waktu para nelayan maupun kapal-kapal yang melintas di sekitar lokasi kejadian dan menemukan korban maupun tanda-tanda keberadaan korban agar segera melapor ke pihak basarnas agar operasi sar bisa di buka kembali. 

Selanjutnya, Team Rescue Unit Siaga SAR Sanana bersama potensi SAR melakukan koordinasi dan Debrifing bersama keluarga korban. Dimana keluarga korban pun telah mengikhlaskan kepergian korban.

"Dengan telah di tutupnya operasi sar, maka semua unsur SAR yang terlibat dikembalikan kesatuan masing-masing dengan ucapan terima kasih," ujarnya,sambil mengimbau kepada masyarakat yang melakukan aktivitas pelayaran maupun aktivitas memancing di laut agar lebih waspada dan berhati-hati. 

"Karena saat ini cuaca sedang tidak bersahabat alias cuaca buruk. Apabila terjadi sesuatu secepatnya melapor ke basarnas melalui emergency call 115 maupun nomor basarnas ternate yang sudah di sebar luaskan," tutup Arafah.(wanpakaya)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Imam Hairon
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV