SUARA INDONESIA

Bakteri Coliform mewabah Warga Desa Gura Dan Desa Wari Diminta Tidak Konsumsi Air Sumur

Haerul Anwar - 09 December 2021 | 09:12 - Dibaca 2.52k kali
Peristiwa Daerah Bakteri Coliform mewabah Warga Desa Gura Dan Desa Wari Diminta Tidak Konsumsi Air Sumur
Samut Taha Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Halmahera Utara. Foto: suaraindonesia.co.id

TOBELO- Air sumur milik warga di Desa Gura dan Desa Wari Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara telah terkontamunasi bakteri ciloform. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Halmahera Utara Samut Taha menjelaskan, tingginya coliform didalam kandungan air akibat tempat pembuangan limbah domestik milik warga sangat berdekatan dengan sumur. 

Selain itu, struktur tanah di kedua wilayah tersebut berpasir sehingga berpengaruh pada tingginya resapan bakteri tersebut. 

Menurut dia, sasaran penelitian yang dilakukan yaitu pembuangan limbah domestik yang nantinya akan dipersiapkan sebagai usulan pembuatan Peraturan Daerah (Perda). Namun dalam proses penelitian yang di lakukan di Manado Sulawesi Utara, tim menemukan kandungan tanah dipenuhi bakteri coliform. 

"Kami bekerja sama dengan salah satu Universitas. Jadi sampel tanah itu kami bawa ke Manado untuk diteliti jadi sasarannya ialah akan di buat Perda tentang pembuangan limbah domestik. Jadi kami menemukan ada bakteri tersebut," ungkapnya Kamis (09/12/2021). 

Untuk itu Samut menyarankan agar warga di kedua wilayah itu untuk tidak mengkonsumsi Air sumur. Hal ini ditakutkan akan bepengaruh pada kesehatan. 

Diketahui bakteri coliform merupakan zat etonin yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Haerul Anwar
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV