SUARA INDONESIA

Empat Kolam Bioflok Disiapkan Sebagai Contoh Pelatihan Untuk Masyarakat

Imam Hairon - 11 December 2021 | 13:12 - Dibaca 1.57k kali
Peristiwa Daerah Empat Kolam Bioflok Disiapkan Sebagai Contoh Pelatihan Untuk Masyarakat
Kolam bofglok yang telah disiapkan untuk masyarakat. Foto: suaraindonesia.co.id

BATULICIN - Empat buah kolam bioflok tampak parkir di belakang Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Kolam bioflok itu diisi beberapa bibit ikan nila dan bibit ikan patin.

Empat kolam bioflok disiapkan untuk masyarakat yang ingin belajar membudidayakan kolam bioflok ikan nila dan kolam bioflok ikan patin.

Kepala Dinas Perikanan Tanbu, Yulian Herawati saat berada di lokasi, Jumat (10/12/2021) mengatakan, Dinas Perikanan Tanah Bumbu mendatangkan tenaga ahli dari KKP Riset pusat Perikanan.

Tenaga ahli itu bakal mmemberikan pelatihan tentang optimalisasi, bioflok ikan Nila. Belum lama ini pelatihan digelar di dua desa, yakni Desa Mantewe dan Mustika.

"Kemudian kami membuat program untuk percontohan kolam bioflok, karena tidak semua masyarakat itu 100 persen memahami pada saat pelatihan yang pernah dilaksanakan," terangnya.

Yulian memaparkan, tiga dari empat kolam bioflok yang ada ini disupport oleh PT. TIA. Kemudian di Dinas Perikanan Tanbu, program ini diarahakan untuk percontohan buat masyarakat. 

"Ketika ada ingin membuat kolam bioflok ikan nila, silahkan datang kesini untuk belajar," imbuhnya.

Menurutnya, masyarakat yang ingin belajar membuat kolam bioflok, Dinas Perikanan sudah menyiapkan tenaga ahlinya dalam pengelolaan airnya hinga sampai dengan budidayanya.

"Jadi saya berharap masyarakat dapat meningkatkan budidaya, serta kami memberikan contoh lapangan pekerjaan kepada masyarakat dengan memfaatkan pekarangan rumahnya," pungkasnya.[joni]

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Imam Hairon
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV