SUARA INDONESIA

Jelang Nataru Puluhan Sopir Bus di Jombang, Dilakukan Tes Urine oleh Petugas

Gono Dwi Santoso - 24 December 2021 | 18:12 - Dibaca 1.21k kali
Peristiwa Daerah Jelang Nataru Puluhan Sopir Bus di Jombang, Dilakukan Tes Urine oleh Petugas
Kasatreskoba Polres Jombang, AKP Riza Rahman saat lakukan tes urine kepada puluhan sopir dan kernet di terminal Kepuhsari Jombang, Jumat (24/12/2021).

 

 

JOMBANG - Puluhan Sopir Bus yang ada di terminal kepuhsari Jombang, dilakukan tes urine oleh Satreskoba Polres Jombang.Dimana kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada penumpang yang libur natal 2021 dan tahun baru 2022. Jumat (24/12/2021).

Kasatresnarkoba Polres Jombang AKP Riza Rahman,menjelaskan, puluhan sopir dan kru di terminal kepuhsari ini dilakukan tes urine yang digelar petugas Kepolisia. Pada saat melakukan tes urine , belum ditemukan sopir yang mengonsumsi narkotika dan obat-obatan terlarang maupun alkohol. Seluruh sopir dan kru dinyatakan negatif dari kandungan narkoba, terangnya.

AKP Riza mengatakan ,Seluruh bus dari berbagai jurusan yang melintas di Kabupaten Jombang diarahkan petugas masuk ke dalam terminal Kepuhsari, Jombang dan selanjutnya sopir dan kru diambil sampel urine-nya, kemudian dites dengan alat enam parameter untuk mengetahui kandungan narkoba seperti ganja, amphetamin, metametamin, morfin, Cocain, alkohol dan sebagainya, terangnya.

"Target hari ini sebanyak 30 Sopir beserta kru, sambil melihat situasi dan kondisi ramainya terminal sini. Kalau 30 dirasa masih kurang, maka akan kami tambah lagi. Sementara yang kita cek sopir bus sama kernetnya," tambahnya.

Dimana , kegiatan tes urine merupakan bagian dari pengamanan natal 2021 dan tahun baru 2022 untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang bepergian menggunakan angkutan umum. Sebab narkoba dan alkohol sangat membahayakan penggunanya apalagi saat berkendara.

"Nataru identik dengan banyak orang bepergian menggunakan transportasi umum seperti bus. Untuk itu kita cek urine para pengemudi dan kondektur maupun kernet untuk menjamin kemanan dan keselamatan masyarakat yang menumpang bus," ujar AKP Riza.

"Karena kita tahu, kalau misalnya pengemudi tersebut terindikasi memakai narkotika ataupun miras, dikhawatirkan mereka membawa mobilnya dengan tidak aman," lanjutnya.

Dari 30 sampel urine yang terkumpul, diketahui hasilnya negatif semua. Artinya, tidak ada satupun sopir maupun kernet dan kondektur yang terindikasi mengonsumi narkotika, obat terlarang maupun miras.

AKP Riza  menegaskan, Apabila menemukan pengemudi yang terindikasi memakai narkotika, pihaknya akan melakukan penyelidikan dan penyidikan sesuai SOP.Yakni menindaklanjuti yang bersangkutan dengan melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Dari keseluruhan pemeriksaan tes urine  yang di laksanakan di terminal kepuhsari Jombang tersebut , tidak  ditemukan ada yang terindikasi mengonsumsi narkotika maupun alkohol," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV