SUARA INDONESIA

Silaturahmi Wali Kota Eri dan Jurnalis Nahdliyin, Diskusi Perkembangan NU hingga Muktamar ke-35

Lukman Hadi - 27 December 2021 | 18:12
Peristiwa Daerah Silaturahmi Wali Kota Eri dan Jurnalis Nahdliyin, Diskusi Perkembangan NU hingga Muktamar ke-35

SURABAYA - Forkom Jurnalis Nahdliyin (FJN) silaturahmi ke Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Senin (27/12/2021).

Pada pertemuan penuh hikmat di ruang kerja wali kota itu, keduanya saling membahas masa depan Nahdlatul Ulama (NU) pasca Muktamar, dengan nada santai dan sejuk.

Eri sendiri sebagai warga Nahdliyin mempunyai keinginan pelaksanaan Muktamar NU pada periode selanjutnya bisa digelar di Kota Surabaya.

Keinginan Eri itu bukan suatu hal yang berlebihan melainkan dengan alasan yang cukup kuat. Apalagi Muktamar mendatang tercatat satu abad NU.

Menurut Eri, Surabaya sebagai kota bersejarah atau menjadi tempat napak tilas terlahirnya organisasi NU di Kota Pahlawan.

"Saya berharap betul karena kantor PBNU pertama kali ada di Surabaya. Ketika Kiai Mbah Hasyim Asy'ari menyampaikan resolusi jihad meminta seluruh warga mempertahankan Indonesia dengan resolusi jihadnya maka seluruh kiai kumpul di Kota Surabaya," kata Eri.

Lebih jauh lagi, ia menjelaskan bahwa peran serta Hadratussyekh Hasyim Asy'ari dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia diperjuangkan melalui resolusi jihad pada peristiwa 10 November.

"Pertarungan dan pertempuran dari seluruh warga Kota Surabaya, dari seluruh agama, wabil khusus warga Nahdliyin untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia," jelasnya.

Sehingga besar harapan Eri Muktamar NU ke-35 dapat dilaksanakan di Kota Surabaya sebagai sejarah besar bagi NU.

"Jadi, Insya Allah kita akan melihat bahwa Nahdlatul Ulama resolusi jihadnya di Surabaya, kantor PBNU di Surabaya, Muktamar juga pernah dilakukan di Surabaya," tukasnya.

Selain berbicara NU, Eri turut mengapresiasi adanya keberadaan Forkom Jurnalis Nahdliyin yang memiliki komitmen mendedikasikan diri pada kemajuan NU dalam segi pemberitaan.

"Insyaallah kebersamaan kita dengan gotong royongnya kita, dengan inspirasi yang sudah diberikan kepada saya, Insya Allah kita bersama-sama bisa memberikan yang terbaik bagi warga Nahdliyin di Kota Surabaya," jelas mantan Bappeko Surabaya itu.

Diketahui, Muktamar NU ke-34 baru saja selesai diselenggarakan beberapa waktu lalu di Lampung. Terpilih Kiai Miftachul Akhyar sebagai Rais Aam PBNU dan Gus Yahya Staquf sebagai Ketua PBNU periode 2021-2026.

Pada kesempatan itu pula Forkom Jurnalis Nahdliyin juga memberikan penghargaan kepada Eri Cahyadi sebagai tokoh muda Inspiratif Nahdlatul Ulama 2021.

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV