SUARA INDONESIA

Kreatif, Siswa SMP Pius Cilacap Sulap Kayu dan Kaleng Bekas Jadi Miniatur Kapal

Tim - 14 January 2022 | 12:01
Peristiwa Daerah Kreatif, Siswa SMP Pius Cilacap Sulap Kayu dan Kaleng Bekas Jadi Miniatur Kapal

CILACAP - Niko Kurniawan (14) siswa kelas VIII SMP Pius Cilacap terbilang cukup kreatif. Berbekal kemampuan yang dimiliki, ia berhasil menyulap kayu dan kaleng bekas menjadi sebuah miniatur kapal. 

Niko mengungkapkan, awal mula dirinya membuat kapal sejak di bangku sekolah dasar, dimulai saat ia menduduki kelas enam Sekolah Dasar (SD).

"Saya ingin berkreasi dengan membuat kerajinan tangan berupa miniatur kapal. Selebihnya hanya iseng-iseng saja dan menghabiskan waktu luang," kata Niko saat di SMP Pius, Cilacap, Jumat (14/1/2022). 

Sebanyak delapan miniatur kapal berukuran besar dan sedang telah berhasil dibuatnya melalui hasil olahan tangannya dengan berbahan dasar kayu dan kaleng bekas. 

"Saya memakai bahan dasar kayu untuk membuat miniatur kapal dan kaleng bekas untuk aksesorisnya. Untuk kapal sendiri ada yang sedang berukuran 80 cm x 25 cm, sedangkan yang besar berukuran 1m x 25 cm," katanya. 

Menurut keterangannya, ia tidak mengalami kesulitan, namun membutuhkan waktu satu hingga dua bulan untuk proses pembuatan kerajinan tangan tersebut hingga terwujud sebuah miniatur kapal. 

"Miniatur kapal ini saya buat untuk koleksi di rumah dan tidak untuk dijual. Namun bila ada yang menginginkan, bisa memesan melalui saya, nanti saya buatkan," ucap Niko. 

Sementara, Nikolas Sunardi selaku wali kelas VIII C mengapresiasi hasil karya anak didiknya tersebut dan meminta agar ketrampilannya untuk dikembangkan. 

Menurutnya, hal ini dapat menjadi motivasi bagi siswa lainnya, khususnya di SMP Pius Cilacap untuk mengembangkan bakatnya masing-masing. 

"Harapannya agar ketrampilan yang dimiliki oleh Niko untuk terus dikembangkan agar lebih baik lagi dengan membuat bentuk kapal yang lain maupun kreasi-kreasi lainnya," pungkasnya.

Pewarta : Tim
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV