SUARA INDONESIA

70 Persen Bangunan di Pasar Galekan Hangus Terbakar

Muhammad Nurul Yaqin - 15 January 2022 | 11:01
Peristiwa Daerah 70 Persen Bangunan di Pasar Galekan Hangus Terbakar

BANYUWANGI- Tim Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan menyampaikan kurang lebih 70 persen bangunan di Pasar Galekan, Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo, hangus terbakar.

Sebanyak 9 unit armada Damkar Banyuwangi dikerahkan untuk memadamkan api yang berkobar. Kebakaran yang dilaporkan terjadi sekitar pukul 01.30 WIB itu dapat dipadamkan sekitar tiga jam.

"Tadi ada kendala sedikit, karena suplai air. Namun dari dinas teknis langsung mengalirkan dari sungai, ini mempercepat proses pemadaman. Kurang lebih 2,5-3 jam dapat dipadamkan," kata Wawan Yatmadi, Plt Dinas Damkar dan Penyelamatan Banyuwangi, Sabtu (15/1/2022).

Wawan mengatakan, awal menerima laporan kebakaran, pihaknya hanya mengirim 4 armada Damkar. Dikarenakan kondisi kebakaran cukup meluas. Akhirnya kembali menambah berapa unit armada pemadam.

"Evaluasi kurang lebih 70 persen bangunan ruko terbakar, termasuk los pasar di dalam. Sehingga yang kita kerahkan ada 7 unit mobil Damkar, satu dibantu BPBD, ditambah bantuan pertamina. Jadi ada 9 mobil damkar," kata Wawan.

Pihaknya juga melakukan pendinginan untuk memastikan api tidak lagi menyala. "Pendinginan juga dilakukan, karena rata-rata yang terbakar dari plastik. Kita memastikan bahwa jangan sampai nanti memunculkan api kembali," ucap Wawan.

Dari peristiwa kebakaran yang menimpa Pasar Galekan tersebut akan menjadi evaluasi pihaknya. "Ini menjadi evaluasi kita, bahwa harus ada jalan khusus, sehingga roda empat bisa masuk," pungkas Wawan. (*)

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV