SUARA INDONESIA

Dampak Kebakaran Pasar Galekan, Kerugian Setiap Pedagang Ditaksir Capai Ratusan Bahkan Miliaran

Muhammad Nurul Yaqin - 15 January 2022 | 13:01
Peristiwa Daerah Dampak Kebakaran Pasar Galekan, Kerugian Setiap Pedagang Ditaksir Capai Ratusan Bahkan Miliaran

BANYUWANGI- Dampak kebakaran di Pasar Galekan, Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (15/1/2022) dini hari, sangat dirasakan para pedagang.

Rata-rata setiap pedagang yang terdampak kebakaran, mengalami kerugian ditaksir mencapai ratusan juta, bahkan ada yang mencapai miliaran rupiah.

Salah satu pedagang, Fatimatus Soleha mengaku tidak bisa menyelamatkan barang dagangannya, dikarenakan api sudah melalap seisi toko.

"Kalau kerugian saya kurang lebih kemungkinan sekitar Rp 500 juta. Barang-barang seperti tas, sepatu, semuanya hangus," kata pedagang peralatan sekolah ini.

Dia juga mengaku kaget, dikarenakan saat peristiwa kebakaran sedang berlangsung, posisi korban lagi enak-enaknya tidur.

"Saya kaget tadi dibangunin pas tidur sama ponakan setengah tiga pagi, jika terjadi kebakaran di pasar. Ternyata setelah saya kesana, posisi api sudah di tengah pasar. Barang-barang sudah tidak bisa diselamatkan," ungkapnya.

Hal senada diungkapkan pedagang sembako, H Sulaiman, ia merasa tidak berdaya setelah melihat lima tokonya di pasar tersebut ludes terbakar. Padahal dirinya baru sebulan mengambil kredit di Bank.

"Saya tidak tahu lagi harus gimana, istri saya sampai pingsan mendengar kabar ini. Saya ambil bank, baru satu bulan, tanggal 25 Januari ini bayar angsurannya Rp 500 juta. 

Atas peristiwa ini, pedagang Sulaiman mengalami kerugian ditaksir mencapai Rp 1,5 miliar. "Saya punya lima lokasi toko, barang-barang di atas full di bawah juga full. Kalau kerugian hampir Rp 1,5 miliar," pungkasnya. (*)

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV