SUARA INDONESIA

Fraksi Demokrat-NasDem Surabaya Rotasi Anggota pada Alat Kelengkapan Dewan

Lukman Hadi - 25 January 2022 | 13:01
Peristiwa Daerah Fraksi Demokrat-NasDem Surabaya Rotasi Anggota pada Alat Kelengkapan Dewan

SURABAYA - Fraksi Gabungan Demokrat-NasDem DPRD Surabaya melakukan penyegaran anggota pada alat kelengkapan dewan (AKD).

Langkah rotasi dilakukan karena menghindari jabatan ganda anggota pada AKD. Karena Fraksi Demokrat-NasDem menginginkan pemerataan jabatan bagi anggotanya. Semua keputusan diambil merujuk pada amanat tata tertib (tatib) DPRD.

Ketua Fraksi Demokrat-NasDem, Mochamad Mahmud mengatakan, sudah waktunya dilakukan pergantian anggota pada alat kelengkapan dewan.

Mahmud menyampaikan, surat pengajuan AKD yang diterima dari DPC Demokrat terkait hal itu perlu ditindaklanjuti sebelum 24 Januari 2022.

"Karena, Senin (24/1/2022) itu tepat 2,5 tahun masa tugas anggota DPRD. Dan di dalam tata tertib (tatib) DPRD disebutkan, setiap anggota yang ada di badan atau alat kelengkapan dewan bisa dipindah setelah 2,5 tahun. Makanya, dilakukan perubahan," jelas Mahmud, Selasa (25/1/2022).

Ia menyebutkan, semua keputusan seperti rotasi atau pergantian anggota di fraksi itu merupakan hak partai.

"Yang bisa mengganti atau menugaskan anggota DPRD-nya itu adalah partai. Sementara fraksi hanya kepanjangan tangan partai di DPRD. Makanya, fraksi bukan alat kelengkapan dewan," ujar mantan Jurnalis itu.

Begitu pula dengan jabatan ketua fraksi, kata Mahmud, juga bisa diganti sewaktu-waktu jika partai mengintruksikan. Jadi, tak perlu menunggu 2,5 tahun, karena bukan AKD.

Ia berharap, dengan terbentuknya anggota baru pada alat kelengkapan dewan bisa memberikan warna baru.

"Jika toh ada yang keberatan atas perubahan ini, ya monggo disampaikan. Tapi perlu diketahui, saya hanya melanjutkan perintah partai saja," tandasnya.

Sebelumnya, Herlina Harsono Njoto yang menjadi anggota Banggar dan Banmus kini ditugaskan di Bapemperda. Sementara Ratih Retnowati ditugaskan di Badan Kehormatan (BK).

Sehingga seluruh Anggota Fraksi Demokrat-NasDem DPRD Surabaya yang berjumlah 7 orang itu sekarang mengisi alat kelengkapan dewan. 

Adapun anggota fraksi yang mengisi AKD, di antaranya Elok Cahyani dan Syaiful Bahri ditugaskan di Badan Musyawarah (Banmus), Moch Machmud, Imam Syafi'i, dan Hari Santosa di Badan Anggaran (Banggar), Herlina Harsono Njoto di Badan Pembentukan Perda (Bapemperda), dan Ratih Retnowati di Badan Kehormatan (BK).

Terkait perubahan anggota pada alat kelengkapan dewan ini nanti akan diparipurnakan. Namun sebelum itu, akan dibahas di Banmus dan selanjutnya ditentukan jadwal paripurnanya.

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya