SUARA INDONESIA

Membanggakan! Jember Borong Juara Pertama MTQ Tingkat Nasional UIN KHAS

Wildan Mukhlishah Sy - 22 April 2022 | 08:04
Peristiwa Daerah Membanggakan! Jember Borong Juara Pertama MTQ Tingkat Nasional UIN KHAS

JEMBER- Kabupaten Jember berhasil memborong juara pertama kategori putra dan putri, pada pekan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember.

Mereka adalah Yusril Issya Huda, perwakilan SMAN 2 Jember sebagai juara pertama MTQ Nasional UIN KHAS Jember kategori putra.

Selanjutnya, Wilda Fajriyatussa'adah Zain, siswi MANPK Jember, yang menjadi juara satu MTQ Nasional UIN KHAS Jember, untuk ketegori putri.

Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan, prestasi tersebut merupakan sebuah amanah, sekaligus kebanggaan bagi Kabupaten Jember, yang perlu untuk disyukuri.

"Ya Alhamdulillah, wes wayahe," ungkapnya, saat diwancarai setelah acara Grand Final MTQ UIN KHAS Jember, Kamis (21/4/2022).

Menurutnya, potensi yang dimiliki oleh pemuda-pemudi di Jember memang luar biasa, terlebih jika didukung dengan adanya wadah-wadah penyaluran bakat dan minat yang optimal bagi anak muda.

"Saya rasa Jember punya potensi yang luar biasa ya, dengan juri yang sudah tingkat nasional, kita dapat membuktikan bahwa kita layak untuk menang," lanjutnya.

Meski demikian, pihaknya tidak menampik bahwa persaingan peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia tersebut, memang sangat ketat.

Untuk itu, pemkab akan berupaya terus mendukung pengembangan potensi siswa-siswi Jember, agar mampu mempertahankan, bahkan meningkatkan prestasi yang didapatkan.

"Kami akan dukung, semoga dapat dipertahankan atau ditingkatkan," ungkapnya kepada suaraindonesia.co.id.

Sementara itu, Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI Dr. Zainut Tauhid Sa'adi mengaku, pihaknya sangat mengapresiasi penyelenggaraan MTQ Tingkat Nasional dan MHQ Tingkat Provinsi, yang dilaksanakan oleh UIN KHAS Jember.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh UIN KHAS Jember kali ini," ungkapnya.

Wamenag RI juga menegaskan, pihaknya bersedia untuk mendukung segala bentuk pembinaan yang diberikan oleh UIN KHAS Jember, kepada para insan berprestasi.

"Tadi pak Rektor sudah bilang, untuk yang juara akan diberikan kesempatan menempuh pendidikan di UIN KHAS Jember, tentu nanti juga ada pembinaan dari dosen-dosen disini," tandasnya.

Perlu diketahui, ajang MTQ Tingkat Nasional dan MHQ Tingkat Provinsi tersebut diikuti oleh seratus peserta lebih, dari 10 provinsi di Indonesia.



Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya