SUARA INDONESIA

Antisipasi PMK 2 kelompok Ternak Sapi di Tanggungan Jombang Lakukan Posyandu Ternak

Gono Dwi Santoso - 16 May 2022 | 13:05 - Dibaca 1.64k kali
Peristiwa Daerah Antisipasi PMK 2 kelompok Ternak Sapi di Tanggungan Jombang Lakukan Posyandu Ternak
Suasana penimbangan Berat Badan Sapi di Kelompok Ternak Lembu Sejahtera di desa Tanggungan Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang, Minggu (15/05/2022)
JOMBANG -  Antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK ) Tim Relawan Inspirasi Rumah Zakat Desa Tanggungan bersama 2 Kelompok Ternak Binaannya mengadakan Posyandu Hewan Ternak. 

Posyandu kali ini diadakan dengan giat penimbangan & pengecekan kesehatan Sapi, Kambing dan Domba serta penyemprotan disinfektan, Minggu (15/05/2022). 

Ahmad Dimyati Relawan Rumah Zakat  mengatakan, kegiatan semacam ini rutin diadakan dalam rangka melakukan langkah preventif atau pencegahan terhadap penyebaran virus yang sedang viral. 

Semua kandang anggota Kelompok Ternak Binaan Rumah Zakat dan beberapa kandang warga yang berada di Desa Tanggungan juga disemprot baik Kandang kandang anggota Kelompok Ternak Kado Jaya (Kelompok Ternak Kambing & Domba) maupun Kandang kandang anggota kelompok Ternak Lembu Sejahtera (Kelompok Ternak Sapi). 

Dimyati menambahkan,semua hewan ternak 2 kelompok ternak tersebut juga ditimbang untuk mengetahui perkembangan hewan ternaknya. 

"Untuk tahu apakah ada penurunan berat badan atau tidak. Anggota 2 kelompok ternak yang ada di desa Tanggungan ini akan kami bekali beberapa hal baik tatacara pencegahan maupun penyebaran virus ini," terangnya. 

Dimyati berharap dengan adanya Posyandu ini bisa menjadi salah satu ikhtiar kita agar hewan ternak kita terjaga kualitas dan kesehatannya. 

"Anggota kelompok ternak juga kita bekali disinfektan yang bisa sewaktu-waktu bisa disemprotkan ke kandang-kandang anggota kelompok," ucapnya. 

Imam Mansur (40) salah satu pemilik ternak juga anggota kelompok, merasa senang dengan di adakan posyandu ternak ini. 

"Krena giat ini rutin dilaksanakan kelompok ternak lembu sejahtera dalam tiap bulannya," katanya.

Dimana dengan Posyandu ini kita bisa tau kondisi kesehatan ternak mulai berat badan dan kondisi kesehatanya. Selain di timbang juga di semprot kandang dengan disinfektan serta ternak diberikan vitamin dan antibiotik. 

"Antisipasi pencegahan ini di lakukan supaya ternak kami  tetap sehat dan penyakit mulut dan kuku tidak menyerang ternak sapi kami," pungkasnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV