SUARA INDONESIA

Menkominfo Ajak Bangkit Bersama dari Pandemi

Redaksi - 20 May 2022 | 15:05 - Dibaca 486 kali
Peristiwa Daerah Menkominfo Ajak Bangkit Bersama dari Pandemi
Menkominfo Johnny G. Plate, saat memimpin Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2022 yang berlangsung secara hibrida dari halaman Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (20/05/2022). - (AYH)

JAKARTA-Dalam peringatan ke-114 Hari Kebangkitan Nasional, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk kembali memahami esensi sejarah Hari Kebangkitan Nasional dengan memaknai sebagai semangat bangkit bersama dari pandemi Covid-19.

“Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak kita maknai sebagai seremonial saja. 'Ayo Bangkit Bersama' yang menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional menjadi bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir," ajaknya saat memimpin Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2022 yang berlangsung secara hibrida dari halaman Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (20/05/2022).

Menurut Menkominfo, semangat persatuan yang digagas Boedi Oetomo masih relevan untuk dikontekstualisasikan dalam kehidupan berbangsa saat ini. "Di tengah krisis pandemi Covid-19, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa," tandasnya.

Menteri Johnny menyatakan keyakinan akan perkembangan penanganan Covid-19 di tingkat nasional yang terus membaik. "(Data per 13 Mei 2022) Kita dapat melihat bahwa upaya kita kian menunjukkan hasil yang positif, ditunjukkan dengan kasus baru harian di bawah 400 kasus dan total kasus aktif yang sudah berada di bawah angka 5.000 kasus," jelasnya.

Mengenai capaian vaksinasi Covid-19 dosis kedua, menurut Menkominfo sudah mencapai 79 persen. Namun demikian, Menteri Johnny mengingatkan agar semua pihak tetap waspada meski mulai kembali beraktivitas secara normal.

"Kita patut tetap waspada dan terus meningkatkan disiplin protokol kesehatan. Penanganan Covid-19 yang membaik berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal," katanya.

Pemulihan Ekonomi

Seiring kembali normalnya aktivitas masyarakat, Pemerintah terus mendorong pemulihan perekonomian nasional. Menurut Menkominfo, perekonomian Indonesia pada Triwulan I-2022 dibandingkan Triwulan I-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen (y-on-y).

"Hampir seluruh lapangan usaha tumbuh positif, kecuali Administrasi Pemerintahan dan Jasa Pendidikan," tandasnya.

Sementara, dari sisi produksi, terdapat tiga lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan tinggi. Sektor Usaha Transportasi dan Pergudangan tumbuh sebesar 15,79%, diikuti Sektor Jasa-jasa lain sebesar 8,29%. "Sementara itu Sektor Informasi dan Komunikasi tumbuh sebesar 7,14%," tegas Menteri Johnny.

Menkominfo mengajak masyarakat Indonesia terus bekerja sama dan bersinergi untuk meningkatkan perekonomian nasional Indonesia.

"Mari terus kita bekerja keras dan bersinergi menjaga, mempertahankan dan meningkatkan perekonomian nasional Indonesia," ungkapnya.

Upacara peringatan ke-114 Harkitnas juga dihadiri Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Usman Kansong; Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapan; Sesditjen Aptika, Slamet Santoso; Direktur LAIP Ditjen Aptika, Bambang Dwi Anggono; Sekretaris Ditjen IKP, Sumiati; Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi, Imam Soewandi; serta Kepala Biro Umum, Sensilaus Dore.

Sementara, sivitas Kementerian Kominfo ada yang mengikuti upacara secara langsung dan melalui konferensi video dari rumah masing-masing. Prosesi upacara juga disiarkan langsung kanal YouTube Kemkominfo TV.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya