SUARA INDONESIA

Pasokan Berkurang Akibat Cuaca Ekstrem , Harga Cabai di Pasar Citra Niaga Jombang Merangkak Naik

Gono Dwi Santoso - 29 May 2022 | 15:05
Peristiwa Daerah Pasokan Berkurang Akibat Cuaca Ekstrem , Harga Cabai di Pasar Citra Niaga Jombang Merangkak Naik

JOMBANG – Banyaknya permintaan cabai membuat harga cabai naik signifikan berkurang nya pasokan dari petani akibat cuaca yang ekstrem membuat harga cabai naik signifikan tembus hingga Rp 60 ribu di pasar Citra Niaga Jombang, yang sebelumnya dikisaran Rp 25 ribu perkilogram nya, Minggu (29/05/2022).

Ditemui di salah satu lapak miliknya, Eni, 40 salah satu pedagang menjelaskan, kenaikan tersebut terasa sejak sepekan terakhir. 

”Ya mulai naik sejak seminggu ini banyaknya permintaan dan stok barang sedikit sehingga harga cabai mengalami kenaikan, terangnya 

Dirinya menilai kenaikan tersebut disinyalir karena cuaca ekstrem. Hujan lebat membuat panen cabai tak maksimal sehinga stok di petani menipis.Katanya banyak yang busuk karena hujan deras. Kemudian, stoknya jadi tidak banyak sedangkan permintaan dari masyarakat tetap banyak. 

Eni merinci , selain harga cabai biasa yang mengalami kenaikan, cabai merah besar juga naik. Dari Rp 30 ribu menjadi Rp 46 ribu. 

”Ya ini karena stoknya tidak banyak.Sementara untuk sayur mayur seperti tomat juga mengalami kenaikan, terangnya.

Diketahui sejumlah bahan pokok yang mengalami kenaikan antara lain, cabai dari harga sebelumnya Rp 10 ribu menjadi Rp 17 ribu per kilo gram , sementara untuk harga bawang merah semula yang semula Rp 25 ribu, saat ini naik menjadi Rp 45 ribu . 

Kemudian, terong dari Rp 6 ribu menjadi Rp 12 ribu. Gubis dari sebelumnya Rp 6 ribu menjadi 12 ribu per kilogramnya. 

”Begitupun juga telur, dari Rp 22 ribu menjadi Rp 28 ribu,’’ paparnya.

Sejak harga cabai mengalami kenaikan, Eni mengakui pembeli yang mampir ke lapaknya justru tak menurun, melainkan meningkat. 

”Pembeli meningkat, karena memang permintaan sekarang kan tinggi musim hajatan. Saya yang biasanya sehari habis 10 Kg, ini meningkat jadi 15 Kg,” tandasnya.

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya