SUARA INDONESIA

35 Sapi dan 316 Ekor Babi Gagal Diselundupkan dari Bali

Muhammad Nurul Yaqin - 30 May 2022 | 17:05
Peristiwa Daerah 35 Sapi dan 316 Ekor Babi Gagal Diselundupkan dari Bali

BANYUWANGI- Sebanyak 35 ekor sapi dan 316 ekor babi gagal diselundupkan Polsek KP3 Tanjungwangi Polresta Banyuwangi pada Minggu (29/5/2022) malam.

Kapolresta Banyuwangi, AKBP Deddy Foury Millewa melalui Kapolsek KP3 Tanjungwangi, AKP Ali Masduki mengatakan, puluhan sapi dan ratusan babi itu berasal dari Bali.

"Dua jenis ternak ini diangkut lima unit kendaraan truk. Dua diantaranya mengangkut sapi. Sedangkan tiga unit truk mengangkut 316 ekor babi," beber Ali Masduki, Senin (30/5/2022).

Kelima kendaraan beserta sopirnya SR, MZ, WM, PW, dan AY langsung diamankan di Polsek KP3 Tanjungwangi. Hal itu, adanya larangan hewan ternak masuk dari daerah lain untuk mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kaki (PMK).

”Setidaknya ada lima kendaraan truk yang diputar balik, lantaran mengangkut hewan ternak jenis sapi dan Babi yang hendak dikirimkan ke luar daerah,” jelas Ali Masduki.

Kata Ali Masduki, kelima kendaraan tersebut ditangkap saat berada di pintu keluar Pelabuhan Ketapang. Dari hasil pemeriksaan dokumen ternyata muatan tersebut tidak dilengkapi surat-surat secara resmi. 

Diri hasil pengungkapan itu, pihak kepolisian pun melakukan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui pemilik hewan-hewan ternak tersebut.

"Para sopir hanya disuruh dan diberi upah. Saat ini masih kita lakukan penyelidikan lebih lanjut. Sementara lima truk beserta muatan selanjutnya kita bawa ke kantor Karantina Hewan," pungkasnya. (*)

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya