SUARA INDONESIA

Damkar Sempat Alami Kesulitan Taklukkan Si Jago Merah

Wildan Mukhlishah Sy - 02 June 2022 | 22:06
Peristiwa Daerah Damkar Sempat Alami Kesulitan Taklukkan Si Jago Merah

JEMBER- Pemadam Kebakaran (Damkar) Jember, sempat mengalami kesulitan saat hendak memadamkan api yang melalap bangunan bengkel Trijaya Motor dan showroom motor Asean Motor di Jalan Hayam Wuruk, Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kamis (2/6/2022).

Hal tersebut dikarenakan kondisi pintu bengkel dalam keadaan terkunci, saat kejadian berlangsung.

Kabid Linmas Satpol PP Kabupaten Jember Nino Eka Putra mengungkapkan, Damkar menerima laporan dari warga setempat, sekitar pukul 20.00 WIB.

"Sekitar pukul 20.00 WIB Damkar dapat laporan. Tadi kami sempat terkendala karena pintunya dalam keadaan terkunci," ungkapnya, saat dikonfirmasi di lokask kejadian.

Tak hanya itu, aliran listrik yang masih menyala juga menjadi halangan bagi para petugas Damkar untuk masuk langsung ke bangunan tersebut.

"Aliran listriknya masih menyala, kalau memaksakan masuk langsung akan membahayakan petugas," ungkapnya.

Dirinya menjelaskan sebanyak lima truk Damkar Posko dan Mako diterjunkan, untuk memadamkan api, termasuk dari posko Kalisat, Rambipuji dan Ambulu.

Menurutnya api semakin membesar, dikarenakan di dalam bengkel terdapat sejumlah bahan yang mudah terbakar, seperti oli, sparepart, pilox dan material lainnya.

Hal tersebut membuat, pihaknya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 15 menit, untuk memadamkan api hingga proses pendinginan.

"Sekitar 1 jam lebih 15 menit untuk proses pemadamannya, sekarang sedang proses pendinginan," lanjutnya.

Sementara itu, Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo mengatakan, pihaknya masih belum dapat menentukan secara pasti penyebab kebakaran, namun diperkirakan karena konsleting listrik.

"Kita akan lakukan uji labfor, untuk bisa menentukan penyebab pasti kebakaran ini," katanya.

Kapolres juga menyebut, hingga saat ini petugas masih belum mendapatkan laporan mengenai adanya korban jiwa dalam kejadian yang melalap dua bangunan tersebut.

"Sampai saat ini masih belum ada laporan terkait adanya korban jiwa," pungkasnya.

Sekedar diinformasikan, dari peristiwa tersebut petugas berhasil menyelamatkan satu unit sepeda motor beat dan tabung pompa angin.


Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya