SUARA INDONESIA

Disdik Pastikan Proses Pencairan BOP PAUD 2022 Dipercepat

Hoirur Rosikin - 23 July 2022 | 08:07
Peristiwa Daerah Disdik Pastikan Proses Pencairan BOP PAUD 2022 Dipercepat

SAMPANG - Setelah mendapat sorotan dari Komisi IV DPRD Sampang terkait mekanisme pencairan dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) Tahun 2022 yang terkesan lambat, kini pihak Dinas Pendidikan (Disdik) telah melakukan evaluasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Kepala Bidang PAUD Mohammad Imran saat ditemui diruangannya. Dirinya mengakui bahwa sebelumnya ada keterlambatan proses pencairan dana BOP, hal tersebut dikarenakan adanya miskomunikasi antara pihak Dinas dengan pihak Bank.

Terlebih dirinya juga mengatakan bahwa posisi Kepala Bidang (Kabid) per 1 Juli kemarin masih kosong karena pejabat sebelumnya telah purna tugas. Oleh karenanya terdapat kekosongan jabatan yang mengakibatkan komunikasi tidak berjalan dengan baik ke pihak Bank.

"Jadi memang kami mengakui perihal keterlambatan proses pencairan itu, dikarenakan pejabat sebelumnya yang mengisi Kabid PAUD telah purna tugas, akhirnya terdapat miskomunikasi dengan pihak Bank. Alhamdulillah sekarang posisinya untuk sementara ditangani oleh saya sebagai Plt Kabid PAUD," uapnya.

Disisi lain, Imran juga membenarkan bahwa terdapat surat yang ditujukan ke pihak Bank perihal surat infoice yang diberitakan sebelumnya. Ia mengatakan bahwa surat tersebut telah dicabut pada tanggal 18 Juli kemarin. 

Dirinya mengungkapkan bahwa dengan dicabutnya surat tersebut, kini pihak lembaga diharapkan tidak lagi sulit untuk melakukan pencairan di Bank. Ditambahkan olehnya bahwa akan ada kebijakan dari Dinas Pendidikan pada Senin (25/07/2020) mendatang, agar pihak Bank dapat mempercepat proses pencairan. 

"Perihal surat infoice itu sebenarnya dari kita berniat untuk mengkontrol dana yang sudah cair ke lembaga, akan tetapi sepertinya terkesan memperlambat proses pencairan maka sudah kami cabut pada 18 Juli kemarin. Senin depan akan kami surati pihak Bank BRI agar bisa mempercepat proses pencairan ke lembaga," tambahnya. 

Sementara itu, hasil pantauan tim redaksi di lokasi pencairan yaitu kantor BRI Cabang Sampang Kota, telah banyak berdatangan dari beberapa lembaga yang notabene dari Kecamatan Camplong untuk melakukan proses pencairan dana BOP PAUD Tahun Anggaran 2022 tersebut.

Pewarta : Hoirur Rosikin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya