SUARA INDONESIA

Pulihkan Kesuburan Tanah, Gakpoktan Pojokkulon Kesamben Jombang Terima Pupuk PHC

Gono Dwi Santoso - 23 July 2022 | 11:07
Peristiwa Daerah Pulihkan Kesuburan Tanah, Gakpoktan Pojokkulon Kesamben Jombang Terima Pupuk PHC

JOMBANG - Untuk memulihkan kesuburan tanah di areal persawahan Gapoktan Pojok Kulon, Kecamatan Kesamben Kabupeten Jombang, menerima pupuk Hayati cair (PHC ) Eco fish sebanyak-banyaknya mendapatkan 475 liter dari BPP Kecamatan Kesamben dan disalurkan ke masing masing poktan di desa tersebut, Sabtu ,(23/07/2022).

Ditemui saat penerimaan Ketua Gapoktan Pojokkulon Hudi (59) mengatakan, untuk areal lahan pertanian yang ada di Desa Pojokkulon Kecamatan Kesamben ada sekitar , 239 hektare dan saat ini sudah masuk MK 1 dan mayoritas tanam padi.

"Desa Pojokkulon ini ada 4 poktan yang akan diberikan PHC (pupuk hayati cair) untuk manfaat pupuk hayati cair ini, bisa memperbaiki sifat biologi, fisika dan kimia tanah serta mengurangi penggunaan pupuk kimia dan meningkatkan produktivitas tanaman karena kandungan organik tanah sudah rendah sekali," terangnya.

Saku ketua Gakpoktan Pojokkulon b, dirinya berharap dengan bantuan pupuk hayati cair tersebut, kandungan tanah milik petani di desanya bisa pulih dan mengurangi penggunaan pupuk kimia.

Detemui saat penerimaan PHC, salah seorang petani Hamdani mengatakan sangat berterima kasih atas bantuan dari BPP Kecamatan Kesamben dan Dinas pertanian Jombang yang memberikan pupuk hayati cair ini ke pada Poktan.

"Semoga kandungan tanah di areal persawahan bisa pulih kembali dan mengurangi penggunaan pupuk kimia," pungkasnya.

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya