SUARA INDONESIA

DPRD Surabaya Dikabarkan Positif Covid Sepulang Ibadah Haji, Ini Kebenarannya

Lukman Hadi - 25 July 2022 | 16:07
Peristiwa Daerah DPRD Surabaya Dikabarkan Positif Covid Sepulang Ibadah Haji, Ini Kebenarannya

SURABAYA - Anggota DPRD Surabaya, Moch Machmud dikabarkan positif Covid-19. Hasil tersebut ia dapatkan selepas pulang ibadah haji, Selasa (19/7/2022) lalu.

Kabar yang menyatakan dirinya positif covid ialah oknum dari Puskesmas Manukan Kulon, Surabaya. Namun ia membeberkan kondisi terkini sepulang dari ibadah haji.

Machmud mengatakan, jika dirinya sudah menjalani tes swab antigen di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Ia menyebutkan, ada sekitar 46 orang yang diduga positif, sehingga dilakukan tes swab PCR. Setelah tes swab PCR 46 orang tersebut disuruh menunggu hasilnya di kamar Asrama Haji Sukolilo.

"Setelah dua jam lebih sedikit, datang petugas didampingi aparat berbaju tentara (TNI) dari Kodim. Di situ diumumkan semua boleh pulang. Kebetulan pengumuman itu didengar beberapa staf KBIH Jabal Rahmah atau Darul Muttaqien yang menemani ngobrol di depan kamar asrama. Setelah itu paspor dibagikan dan Kamis (21/7/2022), 46 orang itu pulang," jelasnya.

Kabar mengagetkan muncul, ia dinyatakan positif Covid-19. Kabar ini dengan cepat beredar ke mana-mana melalui pesan WhatsApp yang mengeluarkan hasil tracing dari Puskesmas Manukan Kulon.

Kemudian masalah ini disampaikan oleh Machmud ke Kepala Puskesmas Manukan Kulon. "Karena Kepala Puskesmas sendiri belum menerima hasil, kan baru keluar dua hari. Andaikan menerima pun pasti tidak untuk konsumsi publik. Karena itu sifatnya sangat pribadi," terangnya.

Dengan santai, Machmud tidak terlalu serius menggubris isu yang sudah terlanjur beredar itu. Ia menyampaikan semua kronologi sesuai apa yang dialami kepada warga yang bertamu ke rumahnya.

"Ya, sebagai tuan rumah saya tidak bisa menolak bagi mereka yang minta ditemui," hematnya.

Beberapa hari kemudian, ia dihubungi Kepala Puskesmas Manukan Kulon meminta untuk melakukan tes swab kepada keluarga dan warga yang bertamu.

"Alhamdullillah, semua yang di-swab antigen hasilnya negatif, termasuk saya," ungkapnya.

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya