SUARA INDONESIA

Event Besar Perdana Kalisat Resmi Dibuka, Gebrak Perkembangan UMKM

Wildan Mukhlishah Sy - 25 August 2022 | 13:08 - Dibaca 1.33k kali
Peristiwa Daerah Event Besar Perdana Kalisat Resmi Dibuka, Gebrak Perkembangan UMKM
Keterangan foto: Simbolis pemukulan gong pada acara pembukaan Pekan Raya Kalisat (PRK), Selasa (23/8/2022). Foto: suaraindonesia.co.id

JEMBER- Pemerintah Kecamatan Kalisat secara resmi membuka gelaran event besar perdananya, yakni Pekan Raya Kalisat (PRK) yang akan dilaksanakan sejak Selasa (23/8/2022) hingga Minggu (28/8/2022) mendatang.

Camat Kalisat Umar Faroeq menjelaskan, pelaksanaan PRK salah satunya bertujuuan untuk menggebrak perkembangan berbagai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kalisat, yang sempat vakum akibat dilanda pandemi Covid-19 selama kurang lebih dua tahun.

“Tentu untuk tujuannya, kami ingin menggebrak dan memberdayakan UMKM yang ada di Kalisat, karena selama dua tahun terakhir kan sempat kesulitan akibat pandemi Covid-19,” jelasnya kepada suaraindonesia.co.id, Selasa (23/8/2022).

Faroeq mengatakan, kegiatan sekala besar bertajuk “Wes Wayahe Kalisat Nduwe Gawe” tersebut, terinspirasi dari suksesnya event Pekan Raya Jember (PRJ) yang telah dilaksanakan Selasa (12/7/2022) lalu di Sevendream City, dalam mewadahi perputaran roda ekonomi Jember.

Untuk itu, pada PKR kali ini pihaknya juga telah menyediakan sebanyak 60 tenda sebagai stan bagi para pelaku UMKM. Tak hanya itu, kecamatan juga akan menghadirkan sejumlah pertunjukan, mulai dari kirab budaya hingga penampilan dari artis Viita Alvia dan Farel Prayoga.

“Banyak yang nanti akan kita tampilkan, kami sejauh ini juga akan menyediakan stand UMKM untuk teman-teman Kalisat,” lanjutnya.


Sementara itu, mewakili Bupati Jember Hendy Siswanto, Asisten I Pemkab Jember Muhammad Zamroni mengaku sangat mengapresiasi pelaksanaan PKR yang diinisiasi oleh Kecamatan Kalisat. 

Dirinya memaparkan, hal tersebut sangat sesuai dengan salah satu program yang menjadi konsenterasi Pemkab Jember, dalam menstimulasi geliat UMKM untuk senantiasa mengkatrol perekonomian di kalangan masyarakat Jember.

“Yang pasti ini merupakan konsentrasi bapak Bupati dalam menggeliatkan UMKM di Jember,” ungkapnya.

Dirinya menyebut, jika memugkinkan PRK nantinya akan masuk dalam salah satu agenda tahunan. Namun menurutnya, yang menjadi poin utama saat ini adalah Pemkab berharap setiap kecamatan yang ada di Jember dapat menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki.

“Setiap kecamatan diharapkan bisa mengadakan hal serupa. Semoga kedepannnya semakin keren,” tutupnya.

Sekedar diinformasikan,dalam menyukseskan kegiatan PKR kali ini Kecamatan Kalisat turut menggandeng Jember Youth Creative Network (JYCN) yang dipimpin oleh Nadif Ramadhani, serta Nero Production, sebagai event organizer (EO). 


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV