SUARA INDONESIA

BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Santunan Kematian Puluhan Juta

Mustakim Ali - 07 September 2022 | 17:09
Peristiwa Daerah BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Santunan Kematian Puluhan Juta

JAYAPURA - BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Cabang Papua Jayapura menyerahkan santunan kematian kepada ahli waris Almarhum Hendra di Kelurahan Mandala Pantai Dok V Bawah, Distrik Jayapura Utara, Selasa (06/09/2022) kemarin.

Penyerahan santunan kematian langsung diserahkan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Papua, Jayapura I Ketut Arja Leksana disaksikan Ketua RT setempat. I Ketut Arja Leksana mengatakan, bahwa ahli waris berhak menerima santunan karena korban telah terdaftar sebagai peserta aktif

Arja menjelaskan, ahli waris Almarhum Hendra bekerja sebagai nelayan dan mendapatkan santunan kematian sebesar Rp 42 juta rupiah dari program jaminan kematian.

“Almarhum Hendra merupakan seorang nelayan, meninggal karena sakit sehingga kami berikan santunan kematian dan kepesertaannya sudah sekira 6 bulan," jelas Arja.

Arja mengatakan, manfaat program BPJAMSOSTEK sebagai jaring pengaman untuk menghindari kemungkinan terkena risiko sosial ekonomi bagi ahli waris peserta BPJAMSOSTEK. 

"BPJS Ketenagakerjaan hadir di Kampung nelayan, di Dok V Bawah Kelurahan Mandala Pantai dari akhir tahun 2021," ungkapnya.

Pihaknya lakukan sosialisasi manfaat program bagi para pekerja informal khususnya nelayan dan disambut baik ketua RT dan warga.

Santunan kematian sendiri telah diberikan selama 2 kali dengan menerima manfaatnya karena masyarakat sudah sadar, sebanyak kurang lebih 200 orang sudah mendaftar menjadi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Papua Jayapura.

“Saya melihat antusias warga disini luar biasa termasuk pak RTnya, warganya semua terbuka pada saat kami berikan sosialisasi mereka datang dan mendaftar juga sehingga terbukti ada masyarakat yang terkena musibah dan kita berikan santunan kematian, tapi kita berdoa tidak terjadi musibah tapi namanya musibah kita tidak tahu, namun dengan adanya warga disini warga sadar jadi peserta ini bisa mendorong supaya mengentaskan kemiskinan ekstrim sesuai Perpres nomor 4 tahun 2022 dengan kondisi ini yang perlu kita antisipasi,” jelasnya.

Sementara itu, ketua RT 02/RW 01 Kelurahan Mandala Pantai, Kusnadi Sudirman, mengakui terkait kegiatan BPJS Ketenagakerjaan ia mengaku secara pribadi sangat membantu sekali baik perlindungan di laut dan di darat karena dengan adanya perlindungan BPJS Ketenagakerjaan ini sudah memberikan buktinya untuk betul-betul meringankan warga masyarakat.

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Mustaqim Ali

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV