SUARA INDONESIA

2000 Vaksin Sinovac Tahap Pertama Sampai di Dinkes Trenggalek

Rudi Yuni - 26 January 2021 | 18:01
Peristiwa Internasional 2000 Vaksin Sinovac Tahap Pertama Sampai di Dinkes Trenggalek

TRENGGALEK - Vaksin Sinovac telah sampai di Gedung Farmasi Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkesdalduk KB), Selasa (26/1/2021).

Pengawalan ketat mengiringi kedatangan vaksin tersebut dari Dinkes Provinsi Jawa Timur. Pengiriman vaksin tersebut merupakan pengiriman tahap pertama di termin kedua.

Saeroni selaku Kepala Dinas Kesehatan Dalduk dan KB mengatakan, vaksin Covid-19 yang datang ini merupakan vaksin yang dikirim oleh Dinkes Provinsi Jawa Timur.

Pengiriman vaksin tersebut merupakan pengiriman tahap pertama di termin kedua. Sebab untuk termin pertama diperuntukan di tiga Kabupaten dan Kota yaitu Gresik, Sidoarjo dan Surabaya. 

Sedangkan untuk tahap kedua di didistribusikan ke beberapa daerah, seperti Tulungagung, Pacitan dan lainnya termasuk Trenggalek.

"Vaksin sinovac ini selanjutnya akan didistribusikan ke 22 puskesmas yang akan melaksanakan vaksinasi," tutur Saeroni.

Saeroni juga menjelaskan bahwa untuk vaksin yang diterima kali ini sejumlah 2000 vaksin. 

Setelah ini, direncanakan pada Rabu (27/1) dan Kamis (28/1) vaksin tersebut akan didistribusikan ke puskesmas pelaksana pemberian vaksin. 

Sedangkan untuk hari ini akan ada 10 puskesmas yang menerima, sedangkan selanjutnya akan dikirimkan ke 12 puskesmas lainnya.

"Dalam dua hari ini kami target vaksin sudah didistribusikan ke 22 puskesmas yang melaksanakan vaksinasi," ungkap Saeroni.

Saeroni juga menyampaikan bahwa pada Jumat (29/1) akan mulai dilakukan penyuntikan vaksin tersebut. 

Sedangkan untuk prioritasnya awal adalah para tokoh yang berhubungan lasung untuk melakukan pelayanan esensial terhadap masyarakat berjumlah 10 orang. 

Tokoh tersebut seperti forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), tokoh agama, dan perwakilan keagamaan.

Setelah itu vaksin akan diberikan terhadap tenaga keaehatan sebagai garda terdepan penanggulangan covid-19.

"Sesuai arahan pemerintah pusat untuk nakes yang diberi vaksin disini ada 3000, untuk sisanya akan ada pengiriman lagi tahap kedua," terangnya menegaskan.

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya