SUARA INDONESIA

Alhamdulillah.. Ibadah Umrah Dibuka Lagi 10 Agustus 2021

Yuni Amalia - 27 July 2021 | 10:07
Peristiwa Internasional Alhamdulillah.. Ibadah Umrah Dibuka Lagi 10 Agustus 2021

ARAB SAUDI - Ibadah Umrah di tanah suci Mekkah bagi umat Islam kembali dibuka dua pekan lagi. Pemerintah Arab Saudi resmi mengumumkan bahwa ibadah umrah bagi jemaah luar negeri bisa digelar mulai 10 Agustus 2021 mendatang.

Mengutip kantor berita nasional, SPA, pemerintah setempat mengeluarkan kebijakan tersebut, sebab lancarnya pelaksanaan ibadah haji untuk jemaah lokal Arab Saudi (Mukimin) tahun ini.

Abdul Rahman Al-Sudais, Presiden Kepala Umum Urusan Dua Masjid Suci menuturkan, seluruh pihak terkait tengah mematangkan persiapan penerimaan jamaah umrah di Masjidil Haram, Mekkah.

Rahman meminta para petugas mewujudkan kinerja terbaiknya di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Madinah.

Awal Juli lalu, Kementerian Haji dan Umrah setempat menunda sementara pendaftaran untuk menjalankan ibadah di Masjidil Haram.

Selain pertimbangan agar lancarnya ibadah jemaah mukimin, petugas setempat juga lebih leluasa menyelesaikan pekerjaan sanitasi di Masjidil Haram di musim haji tahun ini.

Haramain Sharifain berkicau di Twitter. Menurutnya, penerbangan langsung ke Arab Saudi diizinkan dari semua negara kecuali India, Indonesia, Pakistan, Turki, Mesir, Argentina, Brazil, Lebanon dan Afrika Selatan.

Jemaah dari negara-negara ini diwajibkan menjalani karantina selama 14 hari di negara ketiga sebelum tiba di Arab Saudi.

Kemudian, para jemaah harus telah divaksin Covid-19 lengkap, baik vaksin AstraZeneca, Pfizer, Moderna, maupun Johnson & Johnson (J&J).

Sementara vaksinasi lengkap yang melibatkan vaksin buatan China, masih diperlukan dosis penguat dari suntikan AstraZeneca, Pfizer, Moderna atau J&J.

Kegiatan umrah diperbolehkan bagi jemaah dengan usia 18 tahun ke atas. Kedatangan jemaah harus melalui agen umrah yang telah mengantongi izin dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi. (amj)

Pewarta : Yuni Amalia
Editor : Deni Ahmad Wijaya

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV