SUARA INDONESIA

Lengkapi Desa Wisata, Sekretris Menteri PAN-RB Bangun Masjid dan Amphytheater di Desa Kaligono

Widiarto - 29 October 2021 | 14:10
Peristiwa Internasional Lengkapi Desa Wisata, Sekretris Menteri PAN-RB Bangun Masjid dan Amphytheater di Desa Kaligono

PURWOREJO - Sekretaris Mentri PAN-RB, Dwi Wahyu Atmaji, bersama keluarga akan mendirikan masjid dan Amphytheater serta fasilitas lain di Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah.

Masjid dengan nama At Taqwa itu dibangun di Dusun Krajan Desa Kaligono dengan luas 805 M2 dan akan terintergrasi dengan pembangunan fasilitas lain diatas lahan seluas 3.500 M2.

Lahan yang digunakan merupakan lahan warisan orang tua dengan luasan 3000 M2, dan lahan milik tetangga yakni mbah Renuk dengan luasan 700 M2 yang telah diwakafkan untuk pembangunan masjid.

Sekretaris Mentri PAN-RB, Dwi Wahyu Atmaji sendiri merupakan warga yang berasal dan tinggal di Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing.

Peletakan batu pertama pembangunan masjid telah dilakukan oleh Bupati Purworejo, Agus Bastian, Sekretaris Mentri PAN-RB yang juga sebagai ketua Yayasan Talang Tilang Tinaling, Dwi Wahyu Atmaji, pada Jumat (20/10/2021).

Hadir dalam kegiatan itun Asisten Sekda 3, Pram Prasetya Achmad, Kabag Kesra, Fathurahman, Camat Kaligesing, Hariyono, Pemimpin Cabang BRI Purworejo, Irawan Cahyo Nugroho, Forkopincam, Pemdes Kaligono dan tokoh masyarakat Desa Kaligono.

Sekretaris Mentri PAN-RB, Dwi Wahyu Atmaji, menuturkan, pembangunan masjid dan sejumlah fasilitas lain direncanakan akan selesai dalam waktu satu tahun kedepan. Masjid akan dibangun dengan dua lantai.

"Setelah jadi nanti lantai satu bisa digunakan sebagai ruang pertemuan serbaguna yang dapat disewakan, misalnya untuk acara pernikahan, pertemuan lainya. Sedangkan lantai dua digunakan untuk aktifitas beribadah," katanya.

Selain masjid, Atmaji juga akan membangun fasilitas lain seperti amphyteater yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk pertunjukan seni dan lainya. Tak hanya itu, dirinya juga akan menambah fasilitas cafe dan kios kuliner yang berisikan produk unggulan Desa Kaligono.

"Juga akan dibangun track off road serta trail di sekitar lokasi ini, dengan harapan kedepan bisa secara rutin ada tontonan yang bisa di nikmati dan di-link kan dengan paket wisata Desa Kaligono, sehingga bisa menambah fasilitas bagi Desa Wisata Kaligono ini," ujarnya.

Untuk membangun masjid beserta fasilitas lain itu, diperkirakan akan menelan biaya sebesar 3,6 miliyar, dan sebagian besar dana disumbangkan dari Yayasan Talang Tilang Tinaling dan juga donatur lainnya.

"Yayasan Talang Taling Tinaling ini sesuai dengan falsafahnya, yakni tempat menampung berbagai aliran yang bertujuan untuk mengangkat yang berada di bawah agar bisa terus ke atas," jelasnya.

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV