SUARA INDONESIA

Ketua Asosiasi BP DAPM Ngawi Sebut Chairul Anam Sudah Tidak Aktif

NGAWI - Polemik adanya rangkap jabatan seorang anggota komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ngawi bernama Chairul Anam ditanggapi oleh Setiono selaku ketua asosiasi Badan Pengawas Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (BP-DAPM).

Setiono menjelaskan, bahwa yang bersangkutan memang pernah menjadi bagian dari DAPM menjabat sebagai Badan Pengawasa (BP). Namun semenjak menduduki jabatan sebagai anggota komisioner Bawaslu, setiono menyebut Chairul Anam sama sekali sudah tidak aktif dalam kegiatan DAPM.

"Pak Chairul ini sudah tidak aktif, kita pernah mengadakan rapat dan beliau menyampaikan hal itu, sebelum dilantik menjadi anggota bawaslu," ungkap Setiono kepada awak media, Selasa (12/1/2021).

Lebih lanjut Setiono mengungkapkan bahwa pengunduran diri memang pernah dibahas, namun mekanisme pengunduran diri Badan Pengawas DAPM dilakukan melalui Musyawarah Antar Desa (MAD).

"Saya rasa itu masalah tehnis di DAPM Kecamatan Karangjati karena proses pengunduran diri Badan Pengawas melalui MAD yang dilakukan setahun sekali di bulan januari," jelas Setiono.

Tidak aktifnya Chairul Anam di kegiatan DAPM pun diperkuat oleh pernyataan Mardi yang merupakan Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ngawi yang membawahi permasalahan DAPM.

"Betul yang bersangkutan sudah tidak aktif, kegiatan yang berhubungan dengan DAPM termasuk saat Diklat di Sarangan Magetan pun dia tidak hadir," katanya saat dihubungi melalui sambungan seluler.

Apa Reaksi Anda?