SUARA INDONESIA

Vaksin AstraZeneca Dinilai Aman, PWNU Jatim Wajibkan Umat Islam Ikuti Vaksinasi

Lukman Hadi - 23 March 2021 | 14:03
Peristiwa Nasional Vaksin AstraZeneca Dinilai Aman, PWNU Jatim Wajibkan Umat Islam Ikuti Vaksinasi

SURABAYA - Setelah mendapat pernyataan halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), pemerintah langsung gencar melaksanakan vaksinasi jenis AstraZeneca.

Bahkan, menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi sampai meluangkan waktu datang dan meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi para ulama di kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim, Jalan Masjid Al Akbar, Gayungan, Surabaya, Selasa (23/3/2021).

Menkes Budi menyampaikan, bahwa vaksinasi kepada para ulama ini sudah menjadi bagian vaksinasi nasional sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

"Pemerintah memberikan prioritas kepada ulama dan tokoh agama, untuk menyakinkan masyarakat bahwa vaksin aman dan halal," kata Budi.

Dalam hal ini, Budi juga menyebutkan bahwa hampir semua negara Islam telah menggunakan vaksin jenis AstraZeneca.

"Kita dapat vaksin dari 4 produsen dunia, khusus AstraZeneca dapat 100 juta dosis vaksin. Semua negara-negara Islam sudah menggunakannya," sebutnya.

PWNU Jatim secara pribadi tegas mendukung pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi. PWNU Jatim sampai mewajibkan kepada umat Islam, khusunya warga Nahdliyin untuk vaksinasi sebagai syariat menjaga kehidupan.

"Insyaallah vaksin ini aman karena ini para pini sepuh yang divaksin usianya rata-rata 70 dan 80 tahun tidak ada apa-apa," ujar Wakil Rois Am PWNU Jatim, KH Akhmad Iskandar.

Ia berharap masyarakat tidak lagi takut disuntik vaksin, sebab ia menjamin vaksin ini aman dan halal. Dengan penyelesaian vaksin, diharapkan pandemi Covid-19 segera berakhir.

"Ini sesuai yang dinyatakan lembaga Bahtsul Masail NU bahwa vaksin suci dan halal. Sehingga hidup kembali normal. Normalisasi kesehatan, ekonomi dan pendidikan," pungkasnya.

Beberapa ulama yang mendapat vaksinasi, di antaranya KH Agoes Ali Masyhuri, KH Anwar Iskandar dari Ponpes Lirboyo, KH Abdul Matin dari Ponpes Bejagung Tuban, KH Muhammad Muslih, KH Jazuli Soleh Chosim, KH Ainul Mubarrok alias Gus Mubarrok, dan KH Lukmanul Hakim LBM PWNU Jatim. 

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV