SUARA INDONESIA

Optimalkan Pelayanan Penumpang, Terminal Tawang Alun Jember Adakan Tes Genose Gratis

Wilda Natasya - 15 April 2021 | 15:04
Peristiwa Nasional Optimalkan Pelayanan Penumpang, Terminal Tawang Alun Jember Adakan Tes Genose Gratis

JEMBER- Dalam rangka mengoptimalkan pelayanan pengguna transportasi bus, Terminal Tipe A Tawang Alun Jember menyediakan tes genose secara gratis bagi penumpang bus.

Hal tersebut juga sebagai upaya pemutusan mata rantai penularan Covid-19.

Kepala Terminal Tawang Alun Jember Pudjiono menjelaskan, pihaknya telah menyediakan tes genose secara gratis sejak Senin (12/4/2021).

"Kami sudah punya alat tes gonese, sudah berjalan dari Senin kemarin. Itu untuk penumpang dan tesnya gratis, tidak dipungut biaya apapun," jelasnya Kamis (15/4/2021).

Dirinya menambahkan, tes gonese tersebut merupakan fasilitas yang diberikan oleh Kementrian Perhubungan RI (Kemenhub) kepada sejumlah terminal di Indonesia.

"Ini adalah fasilitas yang kami dapatkan dati Kemenhub. Kemungkinan 75 pesen sampai 90 persen terminal di seluruh indonesia sudah menyediakan genose gratis," imbuhnya.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bagi penumpang yang ingin melaksanakan tes genose, diantaranya Kartu Tanda Penduduk (KTP), menyertakan nomor telpon dan tidak makan atau minum, satu jam sebelum tes.

Jika dari tes genose terdapat penumpang yang menunjukkan hasil positif, maka pihak terminal akan meminta penumpang untuk melakukan isolasi mandiri dan tidak melanjutkan perjalanan.

Sementara itu, salah seorang penumpang bus Faizatul Husna mengatakan, dirinya sangat senang dengan adanya tes genose gratis.

"Saya kan aslinya Madura, seneng pasti ya ada tes genose gratis dan langsung bisa dilakukan di Tawang Alun, alhamdulillah jadi tidak khawatir lagi," katanya.

Untuk selanjutnya pihak terminal Tawang Alun, akan melakukan sosialisasi terkait adanya tes genose gratis kepada para penumpang, baik antar kota maupun antar provinsi.

Pewarta : Wilda Natasya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV