SUARA INDONESIA

Wamendag RI Kunjungi Tuban, Harap Petani Manfaatkan SRG Sebagai Bank Hasil Panen

M. Efendi - 11 June 2021 | 11:06 - Dibaca 2.29k kali
Peristiwa Wamendag RI Kunjungi Tuban, Harap Petani Manfaatkan SRG Sebagai Bank Hasil Panen
Wamendag didampingi Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein dan Bupati terpilih, Aditya Halindra Faridzky saat berkeliling ke Gedung SRG, (Diah/suaraindonesia.co.id)

TUBAN - Kedatangan Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Jerry Sambuaga di Tuban tinjau Gudang Sistem Resi Gudang (SRG) yang berlokasi di Jalan Raya Tuban-Babat di Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jumat (11/6/2021).

Dalam kunjungannya, Wamendag didampingi Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein dan Bupati terpilih, Aditya Halindra Faridzky. Selain itu, hadir pula Kepala Disperindag Jawa Timur Drajat Irawan, Kepala Diskoperindag Tuban Agus Wijaya, dan Kepala Diskanak Tuban Amenan. 

Wamendag RI, Jerry Sambuaga mengatakan, kunjungannya di Tuban ini untuk memastikan SRG di berbagai wilayah telah beroperasi secara optimal dan dikelola dengan baik.

"Kami sampaikan apresiasi kepada Pemkab Tuban dan pengelola yang telah mendukung pelaksanaan SRG," ungkap Jerry Sambuaga kepada awak media.

Didalam Gudang SRG, terdapat 20 komoditi yang disimpan, mulai dari beras, jagung, ikan , kopi, cabai, dan lainnya. Untuk memaksimalkan operasional SRG, perlu adanya sosialisasi dan promosi kepada masyarakat, utamanya petani.

"Agar para petani dapat menyimpan hasil pertaniannya ketika harga turun, dan selanjutnya dijual kembali ketika harga naik," timpal Jerry Sambuaga.

Sementara itu, keberadaan SRG dapat dimanfaatkan untuk skema pinjaman bank maupun tambahan modal bagi petani. Serta dapat menjamin ketersediaan bahan pangan dan menjaga stabilitas harga. Melalui cara itu diharapkan tidak ada lagi lonjakan harga untuk beberapa bahan pangan.

Jerry sapaan akrabnya juga menambahkan, Kemendag telah melakukan penandatangan kerja sama dengan sejumlah bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) terkait pelaksanaan SRG. Tak hanya itu, pihaknya juga bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), sehingga hasil pertanian dapat dijual ke minimarket maupun swalayan. 

"Saya berharap, berbagai program dan kebijakan yang telah disusun untuk meningkatkan kesejahteraan petani," kata Jerry.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Noor Nahar Hussein menjelaskan, Gudang SRG Tuban memiliki luas 1.400 meter persegi dengan kapasitas penyimpanan mencapai 2.400 ton. Pengelolaannya kerja sama dengan PT. Mahkota Surya Nusantara selaku pihak ketiga. Gudang ini juga menyediakan fasilitas pengeringan gabah (drying), dan pengolahan gabah (rice miling unit).

Pada awalnya petani kesulitan mengurus resi untuk diajukan ke pihak bank. Pemkab Tuban bersama pengelola terus berupaya meningkatkan profesionalitas pengelolaan SRG. Lalu, tahun 2020 pengelola telah dapat menerbitkan resi kepada petani. 

"Kehadiran Wamendag RI di Tuban, menjadi motivasi Pemkab Tuban, untuk mengelola dengan lebih optimal," tutur Noor Nahar Hussein.

Orang nomor dua di Tuban ini juga berharap, kerjasama yang telah terjalin dapat terus ditingkatkan di masa-masa mendatang.

Perlu diketahui, usai meninjau Gudang SRG Tuban, Wamendag bersama rombongan mengunjungi pasar tradisional di Desa Plumpang. Wamendag menyempatkan berdialog bersama sejumlah pedagang dan membeli sejumlah bahan pangan, seperti beras, jagung, daging, telur, dan cabai. (Diah/Nang). 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : M. Efendi
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya