SUARA INDONESIA

Meski Telah Dibuka, Jemaah asal Indonesia Diimbau Tunda Umrah, Ini Alasannya

Yuni Amalia - 29 July 2021 | 11:07
Peristiwa Nasional Meski Telah Dibuka, Jemaah asal Indonesia Diimbau Tunda Umrah, Ini Alasannya



l SAUDI - Pemerintah Arab Saudi telah membuka pintu ibadah umrah untuk umat muslim dari luar negeri mulai 10 Agustus 2021. Namun, jemaah asal Indonesia diimbau untuk menunda ibadah umrahnya.

Hal ini disampaikan oleh Konsul Jenderal RI di Jeddah, Eko Hartono. Penyebabnya yakni kondisi pandemi di Indonesia belum tertangani maksimal.

"Sebaiknya ditunda dulu umrahnya, sambil berusaha bersama agar pandemi Covid-19 di Indonesia bisa segera ditangani dengan baik," ujar Eko seperti dilansir Antara, Rabu (28/7/2021).

Akan tetapi, bagi WNI yang tetap ingin berangkat umrah tahun ini, maka Eko mengimbau agar jemaah benar-benar telah memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh Arab Saudi.

Di antara syaratnya yakni menjalani karantina selama 14 hari di negara ketiga sebelum mendarat di Arab Saudi. Tidak hanya untuk WNI, aturan itu juga berlaku bagi jemaah asal India, Pakistan, Turki, Mesir, Argentina, Brasil, Lebanon dan Afrika Selatan.

Jemaah umrah, kata Eko, juga harus telah divaksin lengkap dengan vaksin yang direkomendasikan seperti Pfizer, Mordena, Astrazeneca, atau Johnson & Johnson.

Syarat lainnya yakni jemaah umrah berusia 18 tahun ke atas dan menggunakan agen umrah yang disetujui Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi. (amj)

Pewarta : Yuni Amalia
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV