SUARA INDONESIA

Tjahjo Kumolo Minta Maaf Sebar Hoaks Tol Cisumdawu

Swandy Tambunan - 11 October 2021 | 07:10
Peristiwa Nasional Tjahjo Kumolo Minta Maaf Sebar Hoaks Tol Cisumdawu

MALANG - Lagi-lagi, MenPANRB Tjahjo Kumolo kecolongan memberikan informasi keliru di akun twitter pribadinya.

Sebelumnya, pada Agustus 2020, Tjahjo memberikan informasi keliru dengan membagikan sejumlah link film Indonesia di twitternya yang diunggah secara ilegal ke YouTube.

Baru-baru ini, akun dengan nama @tjahjo_kumolo itu juga mengunggah foto hoax Tol Cisumdawu. Walaupun sudah dihapus oleh Tjahjo, namun netizen telah menyimpan postingan itu dalam bentuk screen capture.

Adapun keterangan dalam foto yang diunggah Tjahjo sebagai berikut:

"Jalanan terekeren di Indonesia, Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan), yang bertumpu gunung, memungkinkan Bandung-Tegal dicapainya hanya 2 jam, Bandung-Semarang hanya 3,5 jam. Sebelumnya Bandung-Tegal tanpa tol perlu ditempuh 7 jam jika jalan lancar ," Tjahjo dalam akun twiternya dengan menyematkan gambar sebuah tol yang tebing tebing, yang di unggah pada Sabtu, 9 Oktober 2021.

Atas informasi tersebut, Kominfo segera memberikan penjelasan tentang Tol Cisumdawu yang dimaksud oleh Tjahjo.

Setelah dilakukan penelusuran, ternyata foto yang diunggah MenPANRB Tjahjo Kumolo adalah jalan raya yang berada di Turki.

"Setelah mengklaim, ternyata memang benar adanya foto tersebut. Gambar jalan tol tersebut, entah di India maupun Indonesia, melainkan jalan raya D400-Antalya di Turki," tulis Kominfo.

Begitu mengerti bahwa di unggahnya keliru, akhirnya Tjahjo Kumolo meminta maaf kepada publik dan memberikan klarifikasi.

"Mohon maaf postingan jalan tol di Jabar ternyata salah bukan di Jabar (sy dpt informasi salah) trims perhatiannya," tulis Tjahjo dalam akun twitternya.

Pewarta : Swandy Tambunan
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV