SUARA INDONESIA

Kali Meluap, Ratusan Rumah Warga Dan Ratusan Hektar Lahan Terendam Banjir

Widiarto - 02 November 2021 | 14:11 - Dibaca 2.07k kali
Peristiwa Kali Meluap, Ratusan Rumah Warga Dan Ratusan Hektar Lahan Terendam Banjir
Banjir merendam rumah warga di Desa Jatimalang

PURWOREJO - Ratusan rumah warga di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Purworejo, Jawa Tengah, terendam banjir akibat luapan kali pasir, muara pantai Desa Keburuan Kecamatan Ngombol, pada Selasa (2/11/2021).

Tak hanya pemukiman rumah warga di Desa Jatimalang, ratusan hektar lahan pertanian milik warga dan sejumlah tambak udang serta ikan milik warga di sepanjang tepi kali pasir dari Desa Gedangan Kecamatan Purwodadi hingga Desa Keburuan Kecamatan Ngombol juga terendam banjir.

"Banjir ini datang sejak kemarin akibat hujan lebat dan tertutupnya muara pantai Desa Keburuan dan luapan kali pasir, namun hanya rumah warga di Dusun Krajan 2 dan Dusun Pathuk yang mengalami dampak banjir hingga kedalaman sampai 80 cm," ungkap Kepala Desa Jatimalang, Suwarto, saat ditemui dirumahnya, pada Selasa (2/11/2021).

Disampaikan, banjir itu merupakan banjir rutinan tiap tahun, akibat tertutupnya muara pantai Desa Keburuhan, namun banjir kali ini dianggap paling parah karena sampai4 merendam rumah warga. Selain itu banjir juga dipicu dengan adanya kedangkalan kali pasir yang melintasi desa itu.

"Untuk lahan yang terendam tidak hanya di Desa Jatimalang, namun desa lain yang dilalui kali pasir juga terendam, seperti Desa Pagak, Malang, dan Keburuhan," katanya.

Pemerintah desa telah berupaya membuka muara pantai Desa Keburuan agar banjir segera surut. Namun demikina banjir baru bisa surut diperkirakan hingga dua hari kedepan.

"Kita sudah mengajukan normalisasi kali pasir, dari Desa Gedangan hingga Desa Keburuhan, harapan kami pemerintah segera merealisasikan normalisasi kali itu, agar banjir tidak terjadi lagi pada tahun-tahun yang akan datang," pungkasnya.



 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya