SUARA INDONESIA

Lega, SDN Sebomenggalan Akan Pindah Jika Pemerintah Sudah Bangun Gedung Baru

Widiarto - 22 November 2021 | 18:11
Peristiwa Nasional Lega, SDN Sebomenggalan Akan Pindah Jika Pemerintah Sudah Bangun Gedung Baru

PURWOREJO - Wali siswa di SDN Sebomenggalan, Purworejo, Jawa Tengah, kini bernafas lega. SDN yang rencana akan dipindah ke SDN Kepatihan lantaran akan dibangun hotel bintang 3 belum jadi dilaksanakan. 

SDN itu masih akan menempati gedung lama hingga pemerintah menyediakan gedung baru sebagai pengganti gendung lama yang akan dibangun hotel.

Hal tersebut terungkap setelah adanya audiensi DPRD, Dinas terkait dan wali murid.

Ketua DPRD Kabupaten Purworejo, Dion Agasi Setiabudhi, menjelaskan polemik tersebut terselesaikan dengan beberapa solusi setelah para pihak bermusyawarah dan duduk bersama.

Beberapa solusi yang dihasilkan merupakan usulan dari beberapa pihak yang berkaitan langsung dengan rencana penggusuran SDN Sebomenggalan diantaranya Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Purworejo, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang  (DPUPR) Purworejo, perwakilan wali murid dan perwakilan DPRD Purworejo.

"Terkait polemik pemindahan SD Sebomenggalan, kami di DPRD telah melakukan rapat dengan Sekda dan jajarannya pada jumat (19/11/2021) yang lalu, dan hari ini saya bersama pimpinan dewan langsung berkoordinasi dengan dinas terkait. Selain itu saya berkesempatan bertemu dengan perwakilan wali siswa dan kepala sekolah SD Sebomenggalan untuk duduk bersama, musyawarah mencari solusi yang terbaik," kata Dion saat dikonfirmasi pada pada Senin (22/11/2021)

Disebutkan, setidaknya ada 3 hasil dalam audiensi itu,  yaitu pertama SDN Sebomenggalan tetap akan menempati lokasi saat ini hingga 2024 menunggu pemerintah daerah menyiapkan gedung sekolah di lokasi yang baru. Hal itu guna mencegah menurunnya kualitas belajar yang dikhawatirkan jika SDN dipindah tanpa ada gedung baru yang disediakan.

"Yang kedua Pemerintah daerah di tahun 2023 akan membangun gedung SD baru yang representatif di lokasi SD Kepatihan saat ini, yang nantinya akan digunakan untuk SD Sebomenggalan dan SD Kepatihan dengan bangunan gedung ruang kelas, dan lain-lain, terpisah untuk masing-masing SD," katanya.

Pemindahan ke lokasi baru, tambah Dion, akan dilakukan di tahun 2024 saat gedung sekolahan yang nantinya dibangun siap digunakan. Pihaknya berharap keputusan bersama ini bisa menjadi jalan tengah terbaik yang bisa diterima semua pihak.

"Saya apresiasi pemerintah daerah bergerak cepat untuk meresponse polemik pemindahan SD ini. Saya kira ini menjadi solusi yang terbaik. Kami minta dinas pendidikan segera saja bersurat memberitahukan info ini kepada pihak sekolah, agar tidak muncul disinformasi di masyarakat," pungkasnya.

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV