SUARA INDONESIA

Penuhi Harapan Presiden, Proyek Kilang Tuban Lampaui Target

Irqam - 25 November 2021 | 10:11 - Dibaca 1.20k kali
Peristiwa Penuhi Harapan Presiden, Proyek Kilang Tuban Lampaui Target
Pengerjaan proyek kilang Tuban, (Foto: PT PRPP)

TUBAN- PT Pertamina (Persero) melalui anak usaha PT Kilang Pertamina internasional yakni Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PT PRPP) sejalan dengan arahan presiden yang tengah mengupayakan percepatan pencapaian progres pelaksanaan proyek Kilang Tuban. 

PT PRPP sebagai pengelola proyek Kilang Tuban ini fokus pada pelaksanaan pekerjaan Front End Engineering Design (FEED) yang sudah mencapai progress 53.79% dan pencapaian ini melampaui target sebesar 11.77% per 12 November 2021. Paralel, PT PRPP juga tengah menyiapkan paket pekerjaan Early Work untuk pekerjaan pembangunan Worker Camp.

Presiden Direktur PT PRPP, Kadek Ambara Jaya menjelaskan, bahwa pekerjaan yang sedang dilakukan saat ini adalah terkait land clearing atau pembebasan lahan untuk kebutuhan pembangunan proyek Kilang Tuban yang telah memasuki tahap III dan per September 2021 telah mencapai lebih dari 78%.

“Kini, proses land clearing telah mencapai areal hutan Jati Peteng seluas 125 hektar. Dimana 119 hektare diantaranya telah dibebaskan dalam 9 bulan terakhir. Hutan produksi berisi 40.000 tanaman jati ini semula dikelola PT Perhutani dan telah mendapat persetujuan dari pemerintah untuk ditukar guling terkait pengadaan lahan proyek GRR Tuban,” jelas Kadek, seperti dalam keterangan tertulis PT PRPP yang diterima suaraindonesia.co.id, Kamis (25/11/2021).

Dalam pelaksanaan pengerjaan proyek, lanjut Kadek, Pertamina juga memastikan pembebasan lahan proyek Kilang Tuban atas area hutan industri Jati Peteng dijalankan dengan mengikuti kaidah dan prinsip keberlanjutan. Ruang vegetasi untuk penyerapan karbondioksida di Kabupaten Tuban akan dipertahankan dengan konsep kilang hijau dan reboisasi di area pantai proyek tersebut sebagai paru-paru kota penyerap karbondioksida dan penghasil oksigen di Tuban.

Persetujuan penggunaan lahan hutan dan penebangan areal tanaman jati tersebut dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Peraturan Menteri (Permen) Nomor 97 tahun 2012. Sebagai gantinya, Pertamina wajib mengalokasikan lahan di tempat lain untuk diperuntukkan sebagai hutan industri, yakni di Banyuwangi, seluas 265 hektar, atau dua kali lipat dari luas hutan Jati Peteng. 

Kadek menambahkan, pengadaan lahan di Banyuwangi saat ini masih dalam tahap pengukuran. Selepas itu, pihaknya bakal melakukan penanaman kembali atau reboisasi di lahan pengganti tersebut sehingga penyerapan emisi karbondioksida di Jawa Timur tidak berkurang. 

“Dalam melakukan land clearing hutan Jati Peteng, kami mengikuti ketentuan pemerintah dan wajib memenuhi beberapa persyaratan yakni izin prinsip, kajian teknis dari Perhutani, Dinas Kehutanan, serta tim terpadu terdiri dari 11 institusi yang ditunjuk Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK),” tutur Kadek.

Tidak berhenti dengan penggantian areal hutan di Banyuwangi, Pertamina juga menjalankan penghijauan di Kabupaten Tuban, tepatnya di kawasan pesisir lokasi proyek Kilang Tuban, dengan penanaman Cemara Laut sebanyak 20.000 bibit. Dengan demikian, fungsi penyerapan karbondioksida di Tuban tidak hilang meski areal hutan jati dibebaskan. 

Menurut penelitian Universitas Sumatera Utara (USU), Cemara Laut memiliki kapasitas penyerapan karbon 154,36 kilogram per pohon per tahun, atau lebih besar dari penyerapan karbon jati yang hanya 135,27 kilogram per pohon per tahun.

Kadek memastikan bahwa cetak biru dan desain konstruksi Kilang Tuban dibuat dengan merujuk pada prinsip kilang ramah lingkungan yang berkelanjutan, dimana di dalamnya akan ada jalur hijau untuk vegetasi penyerap karbondioksida dan penggunaan energi terbarukan berupa solar panel. Konsep ramah lingkungan tersebut diharapkan menekan jejak emisi Kilang Tuban ke depannya dan membantu tercapainya net zero emission atau emisi nol bersih di Kabupaten Tuban.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya