SUARA INDONESIA

Pertama di Asia Pasifik, Jember Gelar Festival Cerutu

Wildan Mukhlishah Sy - 27 November 2021 | 16:11 - Dibaca 1.22k kali
Peristiwa Pertama di Asia Pasifik, Jember Gelar Festival Cerutu
Bupati Jember Hendy Siswanto dalam rangka pembukaan JKCI. Foto: You Tubu Channel Pemkab Jember

JEMBER- Kabupaten Jember menggelar Festival Cerutu dengan mengambil tema “Welcome to Jember”, yang dibuka secara resmi di Aula PB Sudirman Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Jumat (26/11/2021).

Event tersebut merupakan pertama kalinya di kawasan Asia Pasifik, yang nantinya juga akan memperkenalkan sisi potensi wisata, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan bisnis cerutu sebagai produk unggulan Indonesia.

Ketua Panitia Jember Kota Cerutu Indonesia Febrian Kahar menjelaskan, acara tersebut sekaligus menguatkan makna simbol Daun Tembakau yang dipakai oleh Jember bahwa cerutu lokalnya merupakan salah satu produk andalan Indonesia.

“Sesuai dengan arahan dari Bapak Presiden bahwa produk yang dikeluarkan oleh daerah adalah barag jadi. Nah di Jember ini adalah cerutunya,” jelasnya saat konfrensi pers.

Menurutnya, kegiatan tersebut seharusnya dilaksanakan di tahun 2020, namun terpaksa diundur karena pandemi Covid-19. Bahkan untuk pelaksanaannya kali ini, seluruh panitia dan tamu undangan yang hadir diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Tahun 2020 acara ini harus tertunda karena pandemi Covid-19, sekarang meskipun masih pandemi tapi kita diperbolehkan untuk melaksanakan. Tentunya dengan prokes ketat,” katanya.

Dirinya menambahkan, agenda yang dimaksudkan untuk terciptanya interaksi antara pelaku UMKM Jember dan bisnis cerutu tersebut dihadiri oleh sekitar dua ratus delapan belas undangan dari berbagai kalangan baik nasional maupun internasional.

“Sebagian besar itu dari sektor swasta, pengusa. Ada juga yang dari luar negeri, seperti Malaysia, Jerman, Australia, Laos, Peru dan beberapa negara lain,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Jember Hendy Siswanto mengungkapkan, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh BIN Cigar. Menurutnya, hal tersebut dapat menjadi jembatan untuk mempromosikan kekayaan alam, potensi wisata, UMKM dan Kesenian Jember.

“Terimakasi, saya bahagia sekali karena malam ini kami bersama BIN Cigar mendeklarasikan Jember sebagai Kota Cerutu Indonesia yang rencananya akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya akan melakukan penandatangan MoU dengan beberapa negara dan UMKM yang ada di Kabupaten Jember.

“Malam ini kami akan melakukan MoU dengan beberapa negara dan UMKM Jember. BIN Cigar juga akan melakukan kontrak,” tandasnya.


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya