SUARA INDONESIA

Sebuah Amunisi Sisa Jaman Penjajahan Belanda Ditemukan Warga di Ponorogo

Andre Prisna - 03 December 2021 | 14:12 - Dibaca 2.56k kali
Peristiwa Sebuah Amunisi Sisa Jaman Penjajahan Belanda Ditemukan Warga di Ponorogo
Petugas saat mengamankan amunisi kaliber 105 milimeter yang ditemukan warga (istimewa)

PONOROGO - Sebuah peluru atau amunisi yang diduga sisa jaman penjajahan belanda ditemukan warga di lahan milik Suwito (72) di Dukuh Puthuk, Desa Ngrukem, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Kapolsek Mlarak Iptu Rosyid Efendy mengatakan, penemuan amunisi tersebut berawal saat Suwito yang dibantu Sugi Hariyanto (saksi) sedang membersihkan lahan untuk membuat rumah kaplingan.

"Sugi Hariyanto (47) yang mengoperasikan eskavator meratakan tanah sedalam kurang lebih 40 sentimeter. Lalu menemukan benda keras yang dikira batu. Setelah dicek, ternyata peluru amunisi," terangnya, Jum'at (3/12/2021).

Sebuah proyektil atau amunisi tersebut berukuran kaliber 105 milimeter. Kemudian pemilik lahan melaporkan adanya temuan ini ke pihak desa dan Polsek Mlarak.

"Barang bukti tersebut langsung dibawa ke Makodim 0802 Ponorogo untuk diamankan karena diduga sisa jaman penjajahan belanda," imbuhnya.

Selain itu, disinyalir penemuan tersebut merupakan sisa dari 8 proyektil yang ditemukan tahun 2020 lalu. Karena berjarak kurang lebih 1 meter dari TKP penemuan lama. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Andre Prisna
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya