SUARA INDONESIA

Calo SIM Berseliweran, Kasatlantas Polres Ponorogo Minta Masyarakat Hati-hati

Andre Prisna - 09 December 2021 | 15:12 - Dibaca 5.97k kali
Peristiwa Calo SIM Berseliweran, Kasatlantas Polres Ponorogo Minta Masyarakat Hati-hati
Kasatlantas Polres Ponorogo, AKP Ayip Rizal (Andre Prisna/suaraindonesia.co.id)

PONOROGO - Satlantas Polres Ponorogo meminta kepada masyarakat agar berhati-hati dengan adanya calo yang menawarkan kelulusan dalam membuat surat ijin mengemudi (SIM).

Kasatlantas Polres Ponorogo, AKP Ayip Rizal mengatakan, jika ada calo atau oknum yang mengatasnamakan mempermudah kelulusan membuat SIM, dimohon untuk waspada agar tak tertipu.

"Karena pihak kepolisian sendiri tidak ada yang melakukan hal itu. Dalam pembuatan SIM, semua ada tahapannya, baik tes tulis maupun praktek," terangnya, Kamis (9/12/2021).

Jadi jangan sampai juga terprovokasi dengan adanya informasi hoaks. Jangan tergoda ada calo yang menawarkan semisal bayar sekian dan kirim foto, kemudian SIM langsung jadi.

"Hal itu tidak benar. Karena petugas dalam pelayanan pembuatan SIM, tetap melakukan tahapan-tahapan (tes) tersebut," imbuhnya.

Jangan terbuai hal itu, karena bisa jadi itu nanti merupakan SIM palsu. Saat nanti mau perpanjangan (tahun) SIM, setelah dicek ternyata tidak ada datanya di Satlantas Polres Ponorogo.

"Itu masyarakat sendiri yang rugi apabila sampai tertipu. Sudah keluar uang banyak, ternyata SIM palsu," ungkapnya.

Seperti diketahui berdasarkan data, korban kecelakaan lalu lintas hampir 90% korbannya mereka yang tak memiliki SIM. Dengan usia cukup produktif. 

"Maka dari itu, memiliki SIM itu sangat penting. Karena SIM menjadi syarat kelayakan seseorang dalam mengemudikan baik motor maupun mobil," bebernya.

Masyarakat bisa latihan atau belajar ditempat yang sudah disediakan oleh Satlantas Polres Ponorogo. Kapan saja bisa latihan karena tempatnya dibuka 24 jam.

"Ya ibarat orang kalau mau melakukan ujian, ya tak ada salahnya harus latihan atau belajar dulu. Hal ini jauh lebih berguna daripada melakukan cara-cara yang dianggap instant," tandasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Andre Prisna
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV