SUARA INDONESIA

Kemenkominfo Kelola Akselerasi Transformasi Digital Nasional

Lukman Hadi - 04 January 2022 | 13:01
Peristiwa Nasional Kemenkominfo Kelola Akselerasi Transformasi Digital Nasional

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berupaya mengelola akselerasi transformasi digital nasional untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal itu disampaikan oleh Menkominfo, Johnny G Plate pada Forum Pemimpin Redaksi bertemakan 'Mendigitalkan Indonesia: Retrospeksi 2021 dan Outlook 2022 Kementerian Kominfo' di Grand Hyatt Jakarta Pusat, Selasa (28/12/2021) lalu.

Menkominfo Johnny mengatakan, dampak migrasi selama pandemi memengaruhi kenaikan pertumbuhan ekonomi sektor informasi dan komunikasi di sepanjang 2021.

"Tahun 2021, sektor informasi dan komunikasi itu tumbuh positif berturut-turut yaitu 8,72%, 6,87% dan 5,51% year-on-year. Saya sendiri melihat ini seperti blessing in disguise, di mana masyarakat dunia dan khususnya Indonesia  bergerak secara cepat masuk ke era baru era digital," kata Johnny disadur dari website Kominfo, Selasa (4/1/2022).

Ia menyampaikan, upaya pemerintah dalam mendorong akselerasi transformasi digital untuk meningkatkan kemampuan dan adaptasi masyarakat untuk masuk ke era digital.

"Guideline dari Bapak Presiden untuk memastikan roadmap transformasi digital dilaksanakan dengan baik oleh Kominfo agar bisa menyiapkan fondasi kehidupan bernegara dan bermasyarakat," jelasnya.

Menurutnya, penanganan pandemi Covid yang sudah berlangsung selama hampir dua tahun terakhir, memerlukan kerja keras seluruh komponen bangsa. Sehingga ia mengapresiasi semua pihak atas kontribusi memutus penyebaran virus.

"Saya tentunya, atas nama pemerintah menyampaikan terima kasih yang luar biasa atas partisipasi seluruh kekuatan negara kita. Puji Tuhan, alhamdulillah, kita sebagai bangsa berhasil untuk menekan di akhir tahun ini Covid-19 kategori tergolong landai," ungkapnya.

Meski terjadi kontraksi ekonomi dunia, ia pun memastikan bahwa hingga kini perkembangan informasi dan komunikasi di Tanah Air terbilang cukup baik.

"Karena terjadi kontraksi ekonomi dunia dan Indonesia, dengan pemanfaatan ruang digital yang semakin luas, sektor informasi dan komunikasi khususnya di Indonesia justru bertumbuh dengan baik," tandasnya.

Selain Pemimpin Redaksi media, turut hadir pula beberapa pejabat seperti Sekjen Mira Tayyiba, Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika yang menjadi Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Ismail, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Usman Kansong, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi, Anang Latif serta.

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV