SUARA INDONESIA

Menjaring Aspirasi Masyarakat, DPRD Mukomuko Berkantor di Desa

Robianto - 31 March 2022 | 18:03 - Dibaca 818 kali
Peristiwa Menjaring Aspirasi Masyarakat, DPRD Mukomuko Berkantor di Desa
Menjaring aspirasi masyarakat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mukomuko langsung turun ke lapangan hingga berkantor di Desa

MUKOMUKO- Menjaring aspirasi masyarakat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mukomuko langsung turun ke lapangan hingga berkantor di Desa.

Kegiatan yang berlangsung di kantor Desa Arga Jaya, Kecamatan Air Rami pada Rabu (30/3/2022) itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Mukomuko M Ali Saftaini, SE, Ketua Komisi III,  Antonius Dalle dan Anggota DPRD Mukomuk, Suwarno dan Yusak.

Kegiatan itu melibatkan Kepala desa, BPD, masyarakat di Kecamatan Air Rami dan pihak terkait untuk mencapai solusi dan pembangunan pada gagasan apa yang diinginkan masyarakat. Berbagai keluhan dan aspirasi yang disampaikan. Diantaranya terkait meminta perbaikan jalan, jembatan, pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk), penambahan mobil ambulanc, mobil dan petugas pemadam kebakaran, jaringan listrik dan lainnya.

Kedatangan Ketua DPRD Mukomuko beserta rombongan disambut baik masyarakat Kecamatan Air Rami. Perwakilan masyarakat desa di Kecamatan Air Rami dalam hal ini, Camat Air Rami, Sunandi mengapresiasi Ketua DPRD dan Anggota DPRD Mukomuko yang turun langsung ke desa-desa. Namun pihaknya berharap tidak hanya sebatas turun ke lapangan dan menampung aspirasi dari desa ke desa. Tapi dengan harapan aspirasi yang telah disampaikan benar-benar direalisasikan.


"Banyak aspirasi dari desa untuk kepentingan msayarakat banyak. Mulai dari perbaikan jalan, jembatan, meminta adanya petugas dan mobil pemadam kebakaran, penambahan ambulan dan lainnya," katanya.

Ia juga berharap adanya pelayanan administrasi kependudukan hingga ke desa dan kecamatan. Karena wilayah Kecamatan Air Rami sangat jauh jika harus berurusan ke kabupaten.

"Pelayanannya memang gratis. Tapi biaya transportasi dan akomodasi masyarakat yang mahal yang harus ke kantor Dukcapil Mukomuko. Untuk itu, kami berharap ada pelayanan langsung di desa-desa. Seperti untuk penerbitan kartu keluarga (KK), KTP dan adminduk lainnya,"pintanya.


Sementara itu, Ketua DPRD Mukomuko M Ali Saftaini mengungkapkan, kegiatan tersebut murni langsung dari anggota DPRD guna untuk menampung aspirasi masyarakat di wilayah itu.

"Kita bersama teman-teman anggota DPRD berkantor di Desa Arga Jaya Kecamatan Air Rami, ini murni langkah dan upaya kita dalam menampung aspirasi masyarakat,"ungkap Ketua DPRD Kabupaten Mukomuko, M Ali Saftaini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pihaknya turun langsung ke desa yang melibatkan masyarakat, kades, perangkat desa dan BPD hingga pihak kecamatan. Sehingga teman-teman anggota DPRD juga bisa langsung berkomunikasi dan diklarifikasi ketika ada informasi yang membutuhkan penanganan teknis dari masyarakat. Dari hasil aspirasiyang disampaikan masyarakat akan menjadi pokok-pokok pikiran dewan yang disampaikan dalam usulan program yang akan dibawa dan diperjuangkan di lembaga legislatif. Karena aspirasi yang langsung ini merupakan kebutuhan nyata masyarakat.

Ia juga menyampaikan, dalam kegiatan berkantor sehari di desa itu, banyak  pendapat masyarakat yang disampaikan.Mulai dari di bidang infrastruktur jalan, jembatan, dibutuhkan petugas beserta mobil pemadam kebakaran hingga berharap adanya pelayanan administrasi kependudukan di desa. Semua aspirasi yang disampaikan masyarakat kami serap dan nantinya akan disampaikan dan dibahas bersama eksekutif.

"Apapun aspirasi yang disampaikan masyarakat kita tampung, dan akan ditindaklanjuti dan dibahas berdasarkan tahapan. Khusus di DPRD Mukomuko nantinya juga akan dibahas di komisi-komisi yang melibatkan OPD-OPD terkait. DPRD berkewajiban mengawal dan nemperjuangkan aspirasi tersebut sampai direalisasikan," ungkapnya. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Robianto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya