SUARA INDONESIA

KPU Tuban Tetapkan Nomor Urut Paslon Cabup-Cawabup Periode 2020-2024

Imam Hairon - 24 September 2020 | 14:09 - Dibaca 4.04k kali
Politik KPU Tuban Tetapkan Nomor Urut Paslon Cabup-Cawabup Periode 2020-2024
KPU tetapkan nomor urut paslon Bupati dan Wakil Bupati Tuban

TUBAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, Jawa Timur, telah menetapkan pasangan calon (Paslon), Bupati dan Wakil Bupati Tuban periode 2020-2024, melalui metode pengundian.

Penetapan nomor urut paslon yang berlangsung di aula salah satu resto yang ada dikawasan jalan M Yamin, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban tersebut berlangsung kondusif.

Ketua KPU Tuban, Fathul Iksan mengatakan, sesuai dengan tahapan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 yang sudah diubah menjadi PKPU Nomor 5 Tahun 2020, pelaksanaan penetapan nomor urut pasangan calon telah diundi.

"Hari ini tahapannya ialah pengundian nomor urut paslon yang sudah ditetapkan pada 23 kemarin," ujar Iksan kepada suaraindonesia.co.id, Kamis, (24/09/2020).

Pengundian nomor urut telah dilakukan sesuai Petunjuk Teknis (Juknis) PKPU RI. Antara lain, nomor urut satu didapatkan oleh pasangan Khozanah Hidayati dan Muhammad Anwar, kemudian paslon nomor dua diraih oleh pasangan Aditya Halindra Faridzky dan Riyadi, sedangkan pasangan nomor urut tiga diterima oleh Setiajit dan RM Armaya Mangkunegara.

 "Jadi ketiga paslon sudah resmi mendapatkan nomor urut yang nantinya menjadi dasar untuk mencetak surat suara pemilihan bupati tahun 2020," jelas Ketua KPU Tuban.

Ia menambahkan, setelah pengundian nomor urut, tahapan selanjutnya ialah kampanye yang baru diperbolehkan mulai tanggal (26/09), atau tiga hari setelah ditetapkan.

Didalam kampanye sendiri sudah muncul perubahan peraturan terbaru. Diantaranya, penghapusan metode kampanye yang bersifat mengumpulkan massa, seperti rapat umum, mengadakan bazar, jalan santa, juga kegiatan-kegiatan yang dapat mengundang banyak orang.

"Yang diatur adalah rapat terbatas, dan dibatasi maksimal 50 orang peserta setiap acara. Untuk metode kampanye dengan rapat umum, bazar, jalan santai sudah dihapus," pungkasnya. 

Sebatas diketahui, Pasangan Calon Bupati Khozanah Hidayati, SP., M.P dengan Calon Wakil Bupati Muhammad Anwar atau yang dikenal dengan slogan AMAN diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai partai pemenang dalam Pemilu kemarin dengan jumlah 16 Kursi di DPRD Tuban saat mendaftarkan di KPU Tuban. Dan didukung oleh Partai NasDem, Partai Hanura, Partai Perindo, dan Partai Gelora. 

Kemudian Pasangan Calon Bupati Aditya Halindra Faridzky, S.E dengan Calon Wakil Bupati Riyadi, SH atau DADI. Yang mana pasangan Lindra-Riyadi itu diusung oleh Partai Golkar bersama Partai Demokrat dan PKS dengan jumlah total 15 kursi di parlemen.

Selanjutnya, Pasangan Calon Bupati Setiajit, SH, MM dengan Calon Wakil Bupatu RM. Armaya Mangkunegara, SH., M.H atau yang dikenal dengan singkatan SetiaNegara ini diusung oleh partai koalisi, yakni PDIP, Partai Gerindra, PAN, PPP dan juga PBB dengan jumlah total sebanyak 16 kursi.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Imam Hairon
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV