SUARA INDONESIA

LMDH Tuban Deklarasikan Dukungan Untuk Paslon SetiaNegara

Imam Hairon - 26 September 2020 | 17:09 - Dibaca 2.40k kali
Politik LMDH Tuban Deklarasikan Dukungan Untuk Paslon SetiaNegara
Paslon Setiajit-Armaya saat menandatangani kontrak politik dengan LMDH Tuban

TUBAN - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Kabupaten Tuban, Jawa Timur deklarasikan dukungan untuk pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Tuban nomor urut 03, Setiajit-Armaya Mangkunegara. 

Kegiatan yang di ikuti puluhan anggota dari LMDH Tuban, LMDH Jatirogo, dan LMDH Parengan tersebut berlangsung di Aula Pondok Pesantren Wali Songo, Gomang, Desa Lajulor, Kecamatan Singgahan. Sabtu, (26/09/2020). 

Ketua PLMDH Tuban, Mujayyin mengatakan, dukungan terhadap paslon Setiajit-Armaya tersebut merupakan salah satu ikhtiarnya terhadap keprihatinan para petani, khususnya masyarakat desa hutan. 

"Kami ingin petani hutan ini bisa berdikari seperti halnya masyarakat lain yang perekonomiannya baik," ungkap Mujayyin dalam sambutannya. 

Selama ini, langkanya pupuk menjadi perhatian serius bagi petani. Ditambah lagi saat menjelang masa panen, harga komoditi yang dihasilkan petani anjlok. Maka itu, dengan adanya Calon Wakil Bupati Tuban, RM Armaya Mangkunegara yang juga sebagai Pengurus LMDH Jawa Timur. 

"Gus Maya adalah pembina LMDH Provinsi. Maka itu, besar harapan kami agar Setiajit-Armaya bisa menang dan menjadi Bupati dan Wakil Bupati Tuban, agar derajat petani, termasuk masyarakat hutan bisa terangkat," ujarnya. 

Di tempat yang sama, Calon Bupati Tuban, Setiajit menjelaskan bahwa, LMDH merupakan rakyat yang paling depan, bukan yang terbawah. Karena terwujudnya kemerdekaan sekaligus penyangga perekonomian ini adalah berkat perjuangan petani. 

"Kalau kami jadi Bupati dan Wakil Bupati, kami akan serius menjadi pembina LMDH dan kami ingin sekaligus berkomitmen mensejahterakan masyarakat desa hutan," jelas Setiajit.

Pasangan dengan tagline Tuban Milik Bersama juga membawa 9 program prioritas. Salah satunya ialah Tuban Melayani. Yang mana membuat seluruh balai desa menjadi desa digital, sehingga masyarakat yang akan mengurus KTP maupun surat-surat lain cukup di tingkat desa. 

Dari 9 program tersebut, masing-masing Tuban Bangkit, Tuban Mandiri, Tuban Cerdas, Tuban Sehat, Tuban Makmur, Tuban Kerja, Tuban Agro, Tuban Melayani dan Tuban Harmoni. 

Setiajit yang diusung oleh PDI Perjuangan ini menilai bahwa, Tuban merupakan lumbung jagung terbesar di Jatim, dan yang paling besar adalah produksinya masyarakat hutan, sehingga dia akan membuat lumbung pangan berskala nasional, dan diimbangi pupuk yang mudah didapat.

"Tuban ini lumbung jagung terbesar di Jatim, maka tinggal meningkatkan menjadi masyarakat industri. Dengan adanya industri, otomatis pergerakan perekonomian dari ujung wetan hingga kulon Tuban akan berdaya. Kami juga siap membuat kontrak politik dengan LMDH," paparnya. 

Sementara itu, Raden Mas Armaya Mangkunegara mengaku jika pihaknya diundang dalam rangka konsolidasi sekaligus penandatangan kontrak politik dan Deklarasi Dukungan LMDH Tuban untuk pasangan Cabup-Cawabup Setiajit-Armaya, karena mereka paham bahwa dirinya merupakan pengurus LMDH Provinsi. 

"Kami diundang oleh PLMDH, karena mereka tahu saya pengurus LMDH Provinsi Jatim, Pak Setiajit juga dulu Pj Bupati Jombang sangat dekat dengan petani hutan. Mudah-mudahan harapan mereka terlaksana," kata Gus Maya sapaan akrabnya. 

Program yang diusung pasangan SetiaNegara ini adalah Nawa Bakti yang berkesinambungan. Salah satu diantaranya ialah Tuban Agro yang dapat bersinergi dengan Tuban Makmur dan Tuban Bangkit.

Tentu program Tuban Agro ini akan mengurai segala persoalan. Melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), lumbung pangan harus didongkrak untuk memaksimalkan potensi yang ada di Tuban, sehingga petani benar-benar merasakan manfaatnya, termasuk masyarakat hutan.

"Persoalan petani hutan ini saat mereka panen harganya murah, dan saat musim cocok tanam mereka kesulitan pupuk. Ini yang harus kita selesaikan," pungkasnya.

Puncak dari kegiatan tersebut ditutup dengan Deklarasi Dukungan untuk pasangan SetiaNegara, kemudian disusul penandatanganan kontrak politik bersama dengan ketua LMDH Tuban, ketua LMDH Jatirogo, dan ketua LMDH. Selanjutnya ditutup dengan doa yang dipimpin oleh pengasuh Ponpes Gomang, Noer Nasroh.

Sebatas diketahui, Pasangan Calon Bupati Setiajit, SH, MM dengan Calon Wakil Bupati RM. Armaya Mangkunegara, SH., M.H atau yang dikenal dengan singkatan SetiaNegara ini diusung oleh partai koalisi, yakni PDIP, Partai Gerindra, PAN, PPP dan juga PBB dengan jumlah total sebanyak 16 kursi.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Imam Hairon
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV