SUARA INDONESIA

Diapit Kyai NU Karismatik, Pasangan YESBRO Hadiri Peringatan Maulid Nabi di Ponpes Roudlotussalim

M Nur Ali Zulfikar - 30 October 2020 | 20:10 - Dibaca 3.07k kali
Politik Diapit Kyai NU Karismatik, Pasangan YESBRO Hadiri Peringatan Maulid Nabi di Ponpes Roudlotussalim
Pasangan YESBRO memanjatkan sholawat bersama para Kyai kharismatik

LAMONGAN - Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi - KH. Abdul Rouf (YESBRO) menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Roudlotussalim, Dusun Ngablak, Desa German, Kecamatan Sugio, Jum'at (30/10/2020), sore.

Dalam kesempatan tersebut, Yuhronur Efendi diapit para Kiai khos Nahdlatul Ulama (NU). Tidak hanya itu seluruh kyai yang hadir saling mendoakan pasangan Yuhronur Efendi - KH. Abdul Rouf (YESBRO) menang Pilkada Lamongan 9 Desember 2020.

Berkat kepeduliannya terhadap dunia pesantren dan tawadhu kepada Kyai. Yuhronur Efendi dinobatkan menjadi anggota keluarga besar Pondok Pesantren yang diasuh, Kyai Agus Muhammad Sairozi tersebut. 

Sejumlah kiai Nahdliyin yang mendampingi dan mendokan adalah Ketua MUI, KH Abdul Aziz Khoiri, Pengasuh Ponpes Suci, KH Maksum, Kiai Nasih, Kiai Suparman, kiai Miftahul Falah, dan KH Abdus Salam, KH Sun'an Junaidi. Pasangan YESBRO tampak sangat akrab dan dekat dengan para Ulama khos tersebut.

Pengasuh Ponpes Roudlotussalim, KH. Agus Muhammad Sairozi menegaskan bahwa Yuhronur Efendi dan KH. Abdul Rouf adalah bagian dari keluarga besar Pondok Pesantren yang diasuh. "Pak Yuhronur dan Abdul Rouf adalah kerabat dekat Ponpes," tegasnya

Setelah itu Kyai Syairozi meminta Yuhronur Efendi untuk menyapa jamaah yang hadir. Cabup nomor urut 2 ini sama sekali tidak menyinggung sedikitpun tentang dirinya yang akan maju dalam Pilkada Lamongan.

"Kami mengingatkan kepada seluruh jamaah agar memberikan partisipasi aktif dalam Pilkada Lamongan, dengan datang langsung ke TPS untuk memilih pemimpin yang yang dikehendaki," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan 2011 - 2020 ini.

Pria yang akrab disapa Pak YES ini mengajak jamaah untuk senantiasa meneladani sifat-sifat yang telah dicontohkan oleh Rosulullah Muhammad SAW. "Keteladan ini yang akan dipakai dalam segala aktifitas kehidupan di dunia," tegasnya

Dalam tausiahnya, Ketua MUI Lamongan, KH Abdul Aziz, menerangkan tentang tiga tipe umat Rosulullah yang disebutkan dalam al- Quran yaitu umat yang dholim pada dirinya sendiri, umat Muqthasid, masuk golongan pertengahan dimana perbuatan kebaikan golongan ini berbanding jumlahnya dengan perbuatan keburukannya dan yang ketiga adalah orang yang saling mendahului mencari kebaikan (Sabiqun Bil Khoirot).

"Meski muqthasid masih bisa masuk surga, sebab masih ikut Mauludan dan ingat Rosulullah," katanya

Sementara terkait kepemimpinan. Kyai Aziz menegaskan bahwa, seorang pemimpin harus mempunyai niatan untuk menata pada mereka yang masuk golongan Muqthasid atau dholim. Agar mencapai tingkatan Islam untuk membentuk pemerintahan. 

Aziz berpesan agar Cabup Yuhronur Efendi dan Wakilnya KH. Abdul Rouf, senantiasa menitik beratkan pada konsep cinta dan mencintai antar sesama, yakni rukun. "Kalau jadi bupati harus memikirkan cadangan ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan pertanian. Semuanya normal," imbuhnya

Pengasuh Ponpes Alma'ruf Lamongan ini mengungkapkan bahwa, pasangan Yuhronur - Rouf adalah pasangan yang cocok. Seperti pepatah tumbu ketemu tutup, cocok. Sementara ada juga pemimpin yang tumbu ketemu cowek, dan itu yang tidak cocok. 

"Jika barang itu hak, maka tidak akan ada samar bagi yang punya hati. Yuhronur pintar menata pemerintahan dan kyai Rouf pintar menata pendidikan dan agama," pungkasnya

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : M Nur Ali Zulfikar
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya