SUARA INDONESIA

Pelipatan Surat Suara Pilkada Banyuwangi Ditargetkan Selesai Hari Ini

BANYUWANGI- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi melakukan pelipatan surat suara yang akan digunakan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banyuwangi 9 Desember 2020.

Pelipatan surat suara yang dilaksanakan sejak Rabu (25/11/2020) kemarin, ditargetkan proses tersebut hari ini (27/11/2020) sudah bisa selesai.

Ketua KPU Banyuwangi, Dwi Anggraini mengatakan, sedikitnya ada 100 tenaga pelipat yang dikerahkan untuk menyelesaikan pelipatan surat suara.

Adapun jumlah surat suara yang masih proses pelipatan ini disesuaikan dengan DPT (daftar pemilih tetap) di Banyuwangi, yakni ada sekitar 1,3 juta lebih.

Sedangkan dalam proses pelipatannya, KPU Banyuwangi menggunakan gudang logistik yang berada di Kelurahan Pakis, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi.

Dikatakan Dwi, mengingat masih masa pandemi Covid-19, KPU Banyuwangi menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi para tenaga pelipat.

"Jadi kita menggunakan protokol Covid-19, pakai masker, berjarak minimal 1 meter, begitu datang mereka harus cuci tangan, dan kita cek suhu tubuhnya dengan thermogun,” katanya.

Setelah selesai pelipatan, lanjut Dwi, masih akan dilakukan pengepakan surat suara. Sementara sebelum surat suara itu didistribusikan ke kecamatan, pihaknya akan melakukan penyetingan setiap TPS terlebih dahulu.

"Kemungkinan akan kami kirim sekitar tanggal 2 atau 3 Desember," tandas Dwi. (*)

Apa Reaksi Anda?