SUARA INDONESIA

PKB Purworejo Lounching Pendaftaran Bacaleg Pemilu 2024, Siap Calonkan Cak Imin Jadi Presiden

Agus Sulistya - 04 September 2022 | 01:09
Politik PKB Purworejo Lounching Pendaftaran Bacaleg Pemilu 2024, Siap Calonkan Cak Imin Jadi Presiden

PURWOREJO - Launching pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) untuk pemilu 2024 dilaksanakan oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Purworejo di Desa Clapar, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Jawa tengah, Sabtu (03/09/2022).

Pada acara itu dihadiri Ketua Dewan Syuro PKB Kabupaten Purworejo, KHR Mahfud Chamid, Ketua DPC PKB Kabupaten Purworejo Frans Suharmadji, Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) Budi Sunaryo, beberapa ulama, tokoh masyarakat dan puluhan kader dan simpatisan partai dari beberapa kecamatan yang berada di Kabupaten Purworejo.

Ketua LPP PKB Purworejo, Budi Sunaryo menjelaskan, dalam pemilu serempak tahun 2024 pihaknya menarget tambahan 3 kursi di DPRD. Saat ini kursi PKB di DPRD sebanyak 5 kursi dan ditarget mendapat 8 kursi pada tahun 2024.

"Hari ini launching pendaftaran Bacaleg, saat ini yang daftar 15 tetapi yang telah berkomunikasi (akan mendaftarkan) dengan LPP sekitar 50 Bacaleg," ungkapnya.

Selanjutnya, Budi mengutarakan, sekitar 50 Bacaleg yang hendak mendaftarkan di PKB nanti akan disaring. Hal tersebut dilaksanakan karena keperluan Calon legislatif di Purworejo sendiri cuma 45 kursi.

"50 itu kelak kita saring jadi 45 karena keperluannya cuma 45 orang," ucapnya.

Budi menyebutkan, PKB bukan hanya bertarung dalam legislatif Purworejo tetapi akan mengangkat calon sendiri untuk eksekutifnya (Bupati). Untuk Pilpres PKB Purworejo masih ikuti arahan pusat untuk mengusung Cak Imin sebagai Presiden.

"Untuk target kita kursi tambah dan di Pilkada kita memiliki Bupati sendiri dari PKB, untuk pendaftaran sendiri di PKB gratis tidak ada biaya" paparnya.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Purworejo Frans Suharmadji mengutarakan, walau ditingkat pusat telah berkoalisi dengan Partai Gerindra mengumumkan Pilpres. Tetapi, untuk Pilbub yakni tingkat daerah, PKB dibebaskan dalam tentukan koalisi tertentu.

"Tentu saja di daerah diberi kebebasan untuk tentukan sendiri, lebih aktif tidak harus ikuti pusat dan kita hubungannya baik semua dengan seluruh partai yang ada di daerah Kabupaten Purworejo," tutup Frans Suharmadji.

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV